PROFIL PELAKSANAAN KELAS INDUSTRI DI SMK NEGERI LABUANG KABUPATEN POLMAN SULAWESI BARAT

. Syarif, Muh (2019) PROFIL PELAKSANAAN KELAS INDUSTRI DI SMK NEGERI LABUANG KABUPATEN POLMAN SULAWESI BARAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui: 1) implementasi konsep kerjasama antara sekolah dengan industri di SMK Negeri Labuang Kabupaten Polman Sulawesi Barat; 2) ruang lingkup kerjasama antara sekolah dan industri di SMK Negeri Labuang Kabupaten Polman Sulawesi Barat; 3) keadaan siswa di kelas industri di SMK Negeri Labuang Kabupaten Polman Sulawesi Barat; 4) sarana dan prasarana yang ada di kelas industri SMK Negeri Labuang Kabupaten Polman Sulawesi Barat. Populasi penelitian seluruh siswa Program Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor di SMK Negeri Labuang. Sampel penelitian adalah sampel populasi sebanyak 84 orang siswa. Data diperoleh menggunakan teknik wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan expert judgment dan validitas empirik dianalisis menggunakan analisis butir menggunakan korelasi product moment serta uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Analisis data dengan deskriptif. Hasil penelitian meliputi: 1) implementasi konsep kerjasama antara sekolah dan industri di SMK Negeri Labuang Kabupaten Polman Sulawesi Barat adalah sebagai berikut, a) memperkuat hubungan link and match antara SMK dengan dunia usaha/dunia industri; b) sinkronisaasi kurikulum sekolah yang sesuai dengan kebutuhan industri; c) menumbuhkan dan menguatkan pengetahuan, skill, dan keterampilan melalui program-program kegiatan pembelajaran; d) mencetak alumni yang memiliki kualitas yang sesuai dengan kebutuhan industri; e) pengembangan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di SMK. 2) ruang lingkup kerjasama antara sekolah dan industri di SMK Negeri Labuang Kabupaten Polman Sulawesi Barat adalah sebagai berikut, a) sikronisasi kurikulum; b) pemberian donasi; c) pengembangan kompetensi siswa; d) pengembangan kompetensi guru; e) rekrutan tenaga kerja. 3) keadaan siswa di kelas industri di SMK Negeri Labuang Kabupaten Polman Sulawesi Barat termasuk dalam kategori sangat baik. 4) sarana dan prasarana praktik di kelas industri SMK Negeri Labuang Kabupaten Polman Sulawesi Barat termasuk dalam kategori sangat baik. Kata Kunci: Kerjasama, Kelas Industri, SMK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Otomotif
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Jul 2019 06:13
Last Modified: 15 Jul 2019 06:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14144

Actions (login required)

View Item View Item