PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA MATA KULIAH BASIS DATA DI PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA D3 FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Rahim, Abd (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA MATA KULIAH BASIS DATA DI PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA D3 FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
2. Artikel Abd Rahim.pdf

Download (790kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui tahapan pengembangan bahan ajar berupa Lembar Kerja Mahasiswa beserta perangkat pembelajaran pada Mata Kuliah Basis Data Program Studi Teknik Elektronik D3 Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. (2) Untuk mengetahui kelayakan bahan ajar dan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan pada Mata Kuliah Basis Data pada Program Studi Teknik Elektronika D3 Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan suatu produk. Prosedur Pengembangan mengacu pada model pengembangan MPI (Model Pengembangan Instruksional) dengan tahap mengidentifikasi, mengembangkan dan mengevaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Elektronika Fakutas Teknik Universitas Negeri Makassar. Adapun objek penelitian ini adalah Lembar Kerja Mahasiswa mata kuliah Basis Data pada Program Studi Teknik Elektronika D3 Fakutas Teknik Universitas Negeri Makassar. Berdasarkan hasil validasi yang telah dilakukan oleh ahli materi memperoleh persentase keseluruhan aspek sebesar 92% dan berada pada kategori sangat valid. Untuk nilai kelayakan dari tingkat responden mahasiswa terhadap lembar kerja yang dikembangkan, diperoleh persentase sebesar 85.6% yang berada dalam kategori sangat layak. Diketahui bahwa Lembar Kerja Mahasiswa Mata Kuliah Basis Data ini dinyatakan layak untuk disarankan menjadi salah satu bahan ajar yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran mata kuliah Basis Data. Kata Kunci: Lembar Kerja Mahasiswa, Basis Data, R&D, Model Pengembangan Instruksional (MPI)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > D3 Teknik Elektronika
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Jul 2019 06:08
Last Modified: 15 Jul 2019 06:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14143

Actions (login required)

View Item View Item