PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS KAJIAN ALQURAN UNTUK KELAS XI IPA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PAREPARE

BAHAR, MUHAMMAD YUSUF (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS KAJIAN ALQURAN UNTUK KELAS XI IPA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PAREPARE. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Muhammad Yusuf Bahar_161050801028 (Artikel).pdf

Download (158kB) | Preview

viii ABSTRAK MUHAMMAD YUSUF BAHAR 2019. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kajian Alquran Untuk Kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri 2 Parepare (dibimbing oleh Helmi dan S. Salmiah Sari) . Kompetensi Inti pertama dalam kurikulum K13 yaitu agar pesrta didik menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Oleh sebab itu peneliti menganggap penting memberikan pelajaran sains yang juga mampu menyentuh aspek spiritual peserta didik guna mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan bahan ajar fisika berbasis kajian alquran untuk kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri 2 Parepare yang valid ditinjau dari penilaian pakar (2) mengetahui kepraktisan bahan ajar yang dikembangkan ditinjau dari respon dari praktisi atau pendidik (3) mengetahui efektivitas bahan ajar yang dikembangkan ditinjau dari respon peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D. Langkah-langkah yang ditempuh yaitu, melalui tahap pendefenisian, tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Tahap pendefenisian terdiri dari analisis peserta didik, analisis materi, dan kajian ayat Alquran. Tahap perencanaan terdiri dari desain tahapan pembelajaran, desain struktur materi yang kemudian menghasilkan desain awal buku prototype. Tahap pengembangan yaitu, pengajuan desain awal buku prototype kepada dua orang pakar untuk divalidasi yang kemudian menghasilkan prototype I. Setelah melalui proses validasi dan revisi maka dilanjutkan ketahap pembuatan bahan ajar (prototype akhir). Tahap penyebaran terdiri atas uji coba terbatas dan pengemasan produk akhir. Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu 26 peserta didik kels XI IPA 1 Madrasah Aliyah Negeri 2 Parepare. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan valid oleh pakar dengan tingkat reliabilitas sebesar 0,82 (2) kepraktisan bahan ajar yang ditinjau dari respon praktisi yang diperoleh melalui Kuesioner menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan praktis dengan persentase sebesar 0,93 (3) efektivitas bahan ajar yang dikembangkan ditinjau dari hasil belajar peserta didik yang diperoleh melalui tes hasil belajar. Diperoleh sebanyak 16 dari 26 peserta didik yang mencapai kriteria ketuntasan belajar terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Sehingga ditinjau dari banyaknya peserta didik yang mencapai ketuntasan, maka bahan ajar dinyatakan efektif. Kata Kunci: penelitian pengembangan, bahan ajar, kajian Alquran

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Jul 2019 07:00
Last Modified: 12 Jul 2019 07:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14121

Actions (login required)

View Item View Item