ANALISIS KESALAHAN PROSES KOGNITIF SISWA KELAS X SMA IT Al-FITYAN SCHOOL KABUPATEN GOWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TERKAIT FUNGSI KUADRAT DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

SAPUTRA, IRFAN (2019) ANALISIS KESALAHAN PROSES KOGNITIF SISWA KELAS X SMA IT Al-FITYAN SCHOOL KABUPATEN GOWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TERKAIT FUNGSI KUADRAT DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Artikel IRFAN SAPUTRA.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK IRFAN SAPUTRA. 2017. Analisis Kesalahan Proses Kognitif Siswa Kelas X SMAIT Al- Fityan School Kabupaten Gowa dalam Menyelesaikan Masalah Terkait Fungsi Kuadrat Ditinjau dari Gaya Kognitif (dibimbing oleh Abdul Rahman dan Awi Dassa). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan menggambarkan kesalahan proses kognitif yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan masalah terkait fungsi kuadrat ditinjau dari gaya kogntifnya (Impulsif-Reflektif). Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang dipandu dengan tes matching familiar figure test (MFFT), tes diagnostik, pedoman wawancara, dan catatan lapangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X ikhwan, dan X akhwat SMAIT Al-Fityan School Gowa yang terdiri dari 2 orang siswa impulsif, dan 2 orang siswa reflektif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara analisis hasil tes diagnostic dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: kesalahan proses kognitif yang dilakukan oleh siswa impulsif adalah adalah: a)pada kesalahan mengingat, siswa impulsif salah dalam menulis bentuk umum dari fungsi kuadrat, b)pada kesalahan memahami, siswa impulsif melakukan kesalahan menginterpretasi karakteristik gambar grafik fungsi kuadrat, tidak memahami gambar grafik fungsi kuadrat sebagai fungsi yang kontinu, salah dalam mengklasifikasi bentuk fungsi kuadrat terkait akar-akar fungsinya, serta salah dalam menjelaskan substansi akar-akar fungsi kuadrat, c)pada kesalahan menganalisis, siswa impulsif melakukan kesalahan mengorganisasikan bentuk aljabar yang sesuai dengan karakteristik dari gambar grafik fungsi yang diberikan, tidak mampu menghubungkan keterkaitan rumus sumbu simetri dengan posisi sumbu simetri, salah menganalisa akar-akar dari fungsi kuadrat yang diberikan berdasarkan nilai diskriminannya, d)pada kesalahan mengevaluasi, siswa impulsif melakukan kesalahan mengoreksi benar atau tidaknya nilai dari akar-akar fungsi kuadrat yang telah dijawab. Kesalahan proses kognitif yang dilakukan oleh siswa reflektif adalah: a)pada kesalahan memahami tidak bisa memberikan alasan yang benar dalam menginterpetasi karakteristik bentuk aljabar dari fungsi kuadrat dengan nilai c=0, b)pada kesalahan mengaplikasikan tidak mampu menerapkan formulasi nilai optimum fungsi kuadrat dalam menjawab masalah non rutin yang berkaitan dengan nilai optimum, c)pada kesalahan menganalisis tidak mampu mengasosiasikan antara koefisien a dari suatu fungsi aljabar dengan nilai optimum fungsi tersebut dalam menentukan fungsinya apakah maksimum atau minimum, tidak mampu menganalisis karakteristik dari gambar fungsi kuadrat dalam variabel y, tidak mampu mengasosiasikan konsep nilai optimum fungsi kuadrat dengan luas terbesar dari fungsi luas daerah yang dinyatakan dalam bentuk fungsi kuadrat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Jul 2019 06:46
Last Modified: 12 Jul 2019 06:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14120

Actions (login required)

View Item View Item