Penerapan Konseling Islami Dalam Mengatasi Siswa Terisolir (Study Kasus pada Dua Orang Siswa SMA Negeri 17 Makassar)

BAHARUDDIN, BAHARUDDIN (2015) Penerapan Konseling Islami Dalam Mengatasi Siswa Terisolir (Study Kasus pada Dua Orang Siswa SMA Negeri 17 Makassar). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
BAHARUDDIN.docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK BAHARUDDIN. Penerapan Konseling Islami Dalam Mengatasi Siswa Terisolir (Study Kasus pada Dua Orang Siswa SMA Negeri 17 Makassar). (Dibimbing oleh Soli Abimanyu dan Muhammad Anas Malik) Penelitian ini dilatar belakangi adanya fenomena siswa terisolir dari teman-teman di kelas. Untuk mengatasi hal tersebut, maka peneliti menerapkan konseling Islami dalam mengatasi terisolir. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (i) Bagaimana gambaran konseling Islami dalam mengatasi siswa terisolir? (ii) Faktor-faktor apa yang menyebabkan siswa terisolir? (iii) Bagaimana gambaran hasil penerapan konseling Islami dalam mengatasi siswa terisolir di SMA Negeri 17 Makassar? Tujuan penelitian ini adalah (i) Mengetahui gambaran perilaku siswa terisolir sebelum penerapan Konseling Islami. (ii) Faktor-faktor yang menyebabkan siswa terisolir. (iii) Gambaran hasil penerapan konseling Islami dalam mengatasi siswa terisolir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, sosiometri dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) gambaran perilaku siswa terisolir adalah minder, menyendiri, kurang berinteraksi, sombong, egois, dan pendiam; (ii) Faktor-faktor yang menyebabkan perilaku siswa terisolir adalah factor internal dan faktor eksternal. Factor internal yaitu pendiam, pemalu, kurang percaya diri, hubungan sosial kurang, sombong, cuek. Faktor eksternal yaitu kondisi ekonomi,kurang beriteraksi dengan teman (iii) Penerapan Konseling Islami terhadap masalah siswa terisolir menunjukkan adanya perubahan peningkatan perilaku siswa dari negative ke arah perilaku positif. ABSTRACT BAHARUDDIN. The Application Of Islamic Counseling In Problem Solving Isolated Students (Case Study of Two Students of SMA 17 Makassar) (Supevised by Soli Abimanyu and Muhammad Anas Malik) This study was conducted due to the phenomenon of isolated students from friend in a classroom. In order to solve the problem the researcher applied Islamic counseling. Therefore the problem of the study were (1) how is the solve by isolated students ?(ii) what factor cause the shown by isolated students? (iii) how is the result of the application of Islamic counseling involve isolated students at SMA 17 Makassar. The objectives o the study were to examine ( description of behavior shown by isolated students before application of Islamic Counseling.(ii) factor which caused the behavior shown by isolated students. (iii) the description of the result of the application of Islamic counseling in solving of isolated student. This study employed qualitative n approach of case study. Data were collected by employing interviewer, observation, soc iometri, and question. The result revealed that (i) description of the isolated students were lack of confidence, loner, lack of interaction, arrogant, egoist, and quiet. (ii) factor which caused by isolated students, were quiet, shy, economical condition, lack of confidence, social relationship, arrogant, ignorant, fait deference. (iii) the application of Islamic counseling toward the problem of isolated students showed the changes of isolated students,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Dec 2016 06:16
Last Modified: 02 Dec 2016 06:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1412

Actions (login required)

View Item View Item