PENERAPAN MEDIA BANTU MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LAY UP SHOOt DALAM PERMAINAN BOLA BASKET PADA SISWA SMA NEGERI 7 WAJO

Idris, Irma Nurjannah (2019) PENERAPAN MEDIA BANTU MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LAY UP SHOOt DALAM PERMAINAN BOLA BASKET PADA SISWA SMA NEGERI 7 WAJO. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Irma Nurjannah Idris, 2019. “Penerapan Media Bantu Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lay Up Shoot dalam Permainan Bola Basket pada Siswa SMA Negeri 7 Wajo”. Skripsi. Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Masjumi Nur dan Yasriuddin). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Peningkatan hasil lay up shoot bolabasket pada siswa kelas X IPS 4, SMA Negeri7 Wajo, tahun pelajaran 2018 / 2019, dengan penerapan media bantu multimedia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini siswa kelas X IPS4 SMA Negeri 7 Wajo, tahun pelajaran 2018 / 2019 berjumlah 30 orang yang terdiri atas 18 siswa putra dan12 siswa putri. Teknik pengumpulan data dengan obeservasi, tes, dan penilaian hasil belajar lay up shoot bolabasket. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secaradeskriptif kualitatif dengan persentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan media bantu multimedia mampu meningkatkan hasil belajar lay up shoot bolabasket pada siswa kelas X IPS4 SMA Negeri 7 Wajo. Hasil peningkatan belajar lay up shoot bolabasket dari siklus I dan siklus II, di mana dalam hasil belajar lay up shoot pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 59, 25% dari 16 jumlah siswa yang tuntas. Pada siklus II terjadi peningkatan persentase hasil belajar lay up shoot siswa dalam kategori tuntas sebesar 82%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan media bantu multimedia dapat meningkatkan hasil belajar lay up shoot bolabasket siswa kelas X IPS4 SMA Negeri 7 Wajo tahun pelajaran 2018/2019. Kata kunci : Multimedia, Hasil belajar, Lay up shoot bola basket.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pen. Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Jul 2019 03:12
Last Modified: 12 Jul 2019 03:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14114

Actions (login required)

View Item View Item