PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA SMA NEGERI 11 MAKASSAR

NURFAHIMA, NURFAHIMA (2019) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA SMA NEGERI 11 MAKASSAR. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (255kB) | Preview

ABSTRAK NURFAHIMA. 2019. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri 11 Makassar. (Dibimbing oleh Anwar Ramli dan Darman Manda) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh langsung lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar (2) pengaruh langsung fasilitas belajar terhadap motivasi belajar (3) pengaruh langsung lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar, (4) pengaruh langsung fasilitas belajar terhadap prestasi belajar (5) pengaruh langsung motivasi belajar terhadap prestasi belajar (6) Pengaruh tidak langsung lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar (7) pengaruh tidak langsung fasilitas belajar terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 11 Makassar. Tekhnik pengambilan sampel adalah strata sampel (stratified sampling) dengan jenis proporsional sampel. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar (2) terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar (3) terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar, (4) terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar (5) terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar (6) Pengaruh tidak langsung positif yang signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar (7) pengaruh tidak langsung positif yang signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar. Kata kunci : Prestasi belajar ekonomi, lingkungan keluarga, fasilitas belajar, motivasi belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Jul 2019 02:46
Last Modified: 12 Jul 2019 02:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14113

Actions (login required)

View Item View Item