PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH, PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PESERTA DIDIK SMA NEGERI 9 MAKASSAR

LINDA, SITTI ERNA (2019) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH, PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PESERTA DIDIK SMA NEGERI 9 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
PDF.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK SITTI ERNA LINDA. 2019. Pengaruh Lingkungan Sekolah, Pemanfaatan Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Peserta Didik SMA Negeri 9 Makassar. (Dibimbing oleh Thamrin Tahir dan M. Ikhwan Maulana Haeruddin) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh langsung lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar, (2) pengaruh langsung pemanfaatan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar, (3) pengaruh langsung lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar, (4) pengaruh langsung pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar, (5) pengaruh langsung motivasi belajar terhadap prestasi belajar, (6) pengaruh lingkungan sekolah melalui motivasi belajar terhadap prestasi belajar, (7) pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar melalui motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 9 Makassar. Tekhnik pengambilan sampel adalah strata sampel (stratified sampling) dengan jenis proporsional sampel. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar yaitu sebesar 21,9 %, (2) Terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar yatu sebesar 26,1 %, (3) Terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar yaitu sebesar 15,2 %, (4) Terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar yaitu sebesar 6 %, (5) Terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar yaitu sebesar 1,9 %, (6) Terdapat pengaruh tidak langsung yang positif signifikan lingkungan sekolah melalui motivasi belajar terhadap prestasi belajar yaitu sebesar 4,161%, (7) Terdapat pengaruh tidak langsung yang positif signifikan pemanfaatan fasilitas belajar melalui motivasi belajar terhadap prestasi belajar yaitu sebesar 4,959 %. Kata kunci: prestasi belajar ekonomi, lingkungan sekolah, pemanfaatan fasilitas belajar, motivasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Jul 2019 02:39
Last Modified: 12 Jul 2019 02:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14112

Actions (login required)

View Item View Item