“Peningkatan Kemamupan Berbicara dalam Memahami Elong Ugi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa VIII.1 SMP Negeri 4 Sengkang Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo”.

Hardiyanti, Hanur, (2016) “Peningkatan Kemamupan Berbicara dalam Memahami Elong Ugi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa VIII.1 SMP Negeri 4 Sengkang Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo”. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Hardiyanti Hanur,.docx

Download (13kB)

ABSTRAK Hardiyanti Hanur, 2016. “Peningkatan Kemamupan Berbicara dalam Memahami Elong Ugi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa VIII.1 SMP Negeri 4 Sengkang Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo”. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Sastra. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhammad Saleh dan Azis) Masalah dalam penelitian ini adalah bagaiamana penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat meningkatkan hasil berbicara dalam memahami elong ugi siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 4 Sengkang Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo; dan bagaimana peningkatan kemampuan berbicara dalam memahami elong ugi melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 4 Sengkang Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat meningkatkan hasil berbicara dalam memahami elong ugi siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 4 Sengkang Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo; dan mengetahui peningkatan kemampuan berbicara dalam memahami elong ugi melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 4 Sengkang Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dengan tahap penelitian meliputi ) perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunujukkan pada siklus I menunjukkan bahwa hanya sebagian kecil siswa yang dapat mencapai indikator keberhasilan dengan kualifikasi kurang. Sedangkan hasil pada siklus II diperoleh data bahwa sebagian besar siswa sudah mencapai indikator keberhasilan dengan kualifikasi sangat baik. Kesimpulannya adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan berbicara dalam memahami elong ugi siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 4 Sengkang Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo. Kata Kunci: Kooperatif Tipe STAD, Kemampuan Berbicara, Elong Ugi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:28
Last Modified: 25 Apr 2016 06:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/141

Actions (login required)

View Item View Item