PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)BAGI SISWA SMK DI SULAWESI SELATAN

Talib, Ahmad (2009) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)BAGI SISWA SMK DI SULAWESI SELATAN. PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS, DIPA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
New Document 5.pdf

Download (32MB) | Preview

Abstract

Pengembangan Perangkat pembelajaran Bahasa Inggris berbasis masalah (PBL) dimaksudkan untuk meningkatkan persiapan dan kemampuan guru dalam pembelajaran bahasa inggris melalui evaluasi secara kolaboratif dengan guru lain. Melalui evaluasi secara berkesinambungan diharapkan secara progresif guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang pada akhirnya dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam mata pelajaran bahasa inggris. Tujuan khusus yang dicapai dalam penelitian ini adalah diperolehnya model perangkat pembelajaran bahasa inggris berbasis masalah (PBL) yang digunakan sebagai produk akhir penelitian ini. Disamping itu juga akan diteliti dampak implementasi PBL dalam pencapaian kompetensi belajar siswa. Luaran dari Penelitian tahap pertama ini dijadikan model dalam implementasi Pembelajaran berbasis masalah (PBL).Penelitian ini dimulai dengan pengenalan/sosialisasi PBL kemudian dilanjutkan dengan pengembangan perangkat pembelajaran sebagai produk dari penelitian ini. Untuk mencapai target tersebut akan digunakan metode pengembangan dari plomp (1997) yang terdiri dari lima tahap, yaitu : 1.Tahap pengkajian awel, 2.Tahap Perancangan, 3. Tahap Realisasi/konstruksi, 4. Tahap tes, evaluasi dan revisi dan5 tahap implementasi. Kualitas panduan implementasi PBL mengacu pada kriteria Nieveen (1999) yaitu menenuhi validitas, kepraktisan dan efektivitas. Untuk itu penelitian ini akan dilakukan secara bermitra antara peneliti dengan gueru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis masalah (PBL). Hasil Penelitian mennjukan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran bahasa inggris berbasis masalah PBL berdasarkan hasil penelitian tim Ahli/expert judgement telah menenuhi unsur validitas yang diperlukan sehingga perangkat tersebut dapat dipakai dalam pembelajaran bahasa inggris beerbasis masalah PBL.Perangkat yang dikembangkan dalam penelitian ini bersifat efektif karena diperoleh ketercpaian indikator keberhasilan di atas skor 66 % yang memberikan respon positif baik oleh guru (sebagai Model atau observer) ataupun oleh sisw. Analisis kualitatif juga memperlihatkan bahwa guru dan siswa dapat mengambil manfaat PBL terutama dalam pengembangan pengetahuan dan keterampilan, kemampuan berfikir kritis dan penumbuhan sikap mandiri dalam belajar yang dibarengi dengan rasa percaya diri.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Jul 2019 07:43
Last Modified: 11 Jul 2019 08:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14095

Actions (login required)

View Item View Item