Talib, Ahmad (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VIII SMPN 26 MAKASSAR DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK JIGSAW. DIPA Universitas Negeri Makassar.
|
Text
New Document 3.pdf Download (31MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan berbicara merupakan Salah satu aspek yang harus diajarkandalam pembelajaran bahasa inggris. Sebagai salah satu model pembelajaran kooperatif, teknik jigsaw dianggap sebagai salah satu teknik yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara, khususnya bercerita. Ciri khas dari teknik jigsaw adalah pengelompokan peserta didik ke dalam kelompok asal dan kelompok ahli. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah langkah merencanakan, melakukan tindakan, mengobservasi dan merefleksi penerapan teknik jigsaw. Peneltian ini memilih siswa kelas VIII, SMP N 26 Makassar tahun ajaran 2010/2011 sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan tes bercerita observasi dan catatan harian dan wawancara. Data dari hasil tes di analisis secara kuantitatif sedangkan data lainnya di analisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa peneraqpan teknik jigsaw meningkatkan kemampuan bercerita siswa. Hal ini dapat dilhat dari data skor kemampuan bercerita siswa dari hanyadua orang siswa yang memperoleh skor di atas 70 pada tes awal bahwa menjadi 13 orang pada akhir siklus 1 dan 26 orang pada siklus II. Data hasil observasi dan wawancara Mengindikasiak n bahwa teknik jigsaw memberi kontribusi terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa, kelancararan bercerita, dan membangun kerjasama kelompok serta mempertinggi tanggung jawab individu.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 11 Jul 2019 07:29 |
Last Modified: | 11 Jul 2019 08:36 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14093 |
Actions (login required)
View Item |