SEBUAH STUDI TENTANG DOSEN BAHASA INGGRIS YANG EFEKTIF DI MAKASSAR

Talib, Ahmad (2016) SEBUAH STUDI TENTANG DOSEN BAHASA INGGRIS YANG EFEKTIF DI MAKASSAR. DIPA Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
New Document 2.pdf

Download (35MB) | Preview

Abstract

Kualitas Dosen dan guru terbukti sangat berpengaruh terhadap prestasi siswa sehingga penting untuk melakukan sebuah penelitian tentang karakteristik yang dimiliki oleh dosen bahasa inggris yang efektif di makassar, Bagaiamana merekea mengajarkan bahasa inggris sebagai bahasa asing. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang karakteristik dosen bahasa inggris yang efektif berdasarkan kompetensi yang mereka miliki di Makassar dan Menginvestigasi latar belakang dosen bahasa inggris yang efektif di makassar yang berkontribusi terhadap metode pengajaran mereka. Penelitian Ini menggunakan desain penelitian deskriftif kuantitatif atau penelitian kombinasi dengan model concurrent triangulation, dua jenis yaitu responden dan subjek penelitian . Responden terdiri dari mahasiswa jurusan bahasa inggris FBS UNM tahun kedua dan ketiga, sedangkan subjek penelitian terdiri dari dosen yang terpilih setelah dilakukan survei terhadap responden dan beberapa mahasiswa yang dipilih secara acak. Teknik analisi data menggunakan teori miles dan huberman( 1994). Instrumen penelitian dibagi ke dalam dua jenis, instrumen primer yaitu peneliti sendiri dan pedoman wawancara tentatif, angket dan instrumen sekunder peralatan dokumentasi. Karakteristik dosen bahasa inggris yang efektif menrut mahasiswa jurusan bahasa inggriss FBS UNM dapat dlihat dari segi kompetensi pedagogis, seperti memiliki cara mengajar yang kreatif dan inovatif, menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan nyaman, menggunakan beragam metode pengajaran denganberagam aktifitas dan tugas yang menantang, serta memiliki kemampuan presentasi yang baik , kualitas pribadi seperti disiplin, rama , memiliki selera humor, tegas ,berkarisma adil, perhatian dan pengertian terhadap mahasiswa. Kompetensi profesional seperti menguasai bahasa inggris dengan baik, memliki pengalaman mengajar, dan merefkleksi dan mengevaluasi cara mengajar yang dimiliki: Kompetensi sosial seperti tidak membeda-bedakan mahasiswa, membangun kedekatan emosi dengan mahasiswadan seluruh unsur di kampus, dan pemahaman intra dan antar budaya yaitu dosen bahasa inggris yang efektif wajib memahami dengan baik adanya perbedaan budaya antar budaya Indonesia dan budaya Asing maupun budaya intra Indonesia Sendiri. Karakteristik yang paling yang harus dimiliki oleh dosen Bahasa Inggris yang efektif secara berurut yaitu : Kompetensi Pedagogis, Kualitas pribadi, kompetensi profesional, Kompetensi sosial, dan pemahaman intra dan antar budaya, Mahasiswa lebih menitikberatkan karakteristik dosen bahasa Inggris yang efektif berdasarkan kompetensi pedagogis dan kualitas pribadinya. Meskipun ketiga kompetensi lainnya juga dianggap menunjang keefektifan dosen. Kata Kunci: Karakteristik, dosen efektif, kompetensi.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Jul 2019 07:23
Last Modified: 11 Jul 2019 08:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14092

Actions (login required)

View Item View Item