RELEVANSI KOMPETENSI MATA PELAJARAN MENGGAMBAR MENGGUNAKAN PROGRAM AUTOCAD DI SMK TERHADAP KEBUTUHAN KOMPETENSI TENAGA DRAFTER PADA JASA KONSTRUKSI DI DUNIA INDUSTRI

Handriyanti S, Nur and Asrib, Ahmad Rifqi and Rauf, Bakhrani A (2019) RELEVANSI KOMPETENSI MATA PELAJARAN MENGGAMBAR MENGGUNAKAN PROGRAM AUTOCAD DI SMK TERHADAP KEBUTUHAN KOMPETENSI TENAGA DRAFTER PADA JASA KONSTRUKSI DI DUNIA INDUSTRI. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL 11.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Keberadaan SMK dirancang untuk mempersiapkan dan mencetak lulusan yang kompeten dan berkualitas, siap kerja dan bersaing di dunia industri sehingga menjadi tenaga ahli di bidang tertentu, namun terdapat berbagai permasalahan salah satunya dalam proses pengembangan kompetensi, dimana masih kurangnya kompetensi yang dimiliki oleh siswa. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran syarat kompetensi yang di ajarkan dalam mata pelajaran menggunakan perangkat lunak AutoCad di SMK? (2) Bagaiman gambaran syarat kompetensi yang di dibutuhkan dalam menjadi tenaga drafter di dunia industri? (3) Bagaimana relevansi mata pelajaran menggambar menggunakan program AutoCad di SMK terhadap kebutuhan kompetensi tenaga drafter di dunia industri?Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan gambaran syarat kompetensi yang di ajarkan dalam mata pelajaran menggunakan perangkat lunak AutoCad di SMK; (2) Mendeskripsikan gambaran syarat kompetensi yang dibutuhkan oleh tenaga drafter di dunia industri; dan (3). Menganalisis relevansi kompetensi penggunaan AutoCad di SMK terhadap kebutuhan tenaga Drafter di Industri. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan metode purposive sampling dengan memilih salah satu SMK di Makassar yaitu SMKN 10 Makassar meliputi wakil kepala sekolah, ketua program keahlian dan guru teknik bangunan dan Drafter sebagai sampel penelitian di dunia industri berjumlah 30 Drafter. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner dan wawancara terstruktur. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Syarat kompetensi lulusan siswa SMK Negeri 10 Makassar pada teknik bangunan yaitu menguasai standar kompetensi sebagai berikut:(a) Mengelola File dan Folder Pada Sistem Operasi.(b) Menggambar Dasar Dengan Perangkat Lunak AutoCad.(c) Menggambar Lanjut Dengan Perangkat Lunak AutoCad. d) Mengatur Tata Letak Gambar Pada Model Space Dengan Perangkat Lunak.(e) Mencetak Gambar Dengan Perangkat Lunak AutoCad.. (2) Syarat kompetensi Drafter yaitu (a) Mengetahui ilmu teknik dan jenis bahan sesuai bidang pekerjaannya.(b) Menguasai dan mampu menggambar dengan software AutoCad 2D.(c) Menguasai dan mampu menggambar AutoCad 3D untuk data visual. (d) Menguasai software pendukung lainnya untuk memaksimalkan hasil desain, dan Drafter di lokasi mengacu pada Job Description dari tiap perusahaan.(3) Berdasarkan hasil penelitian 35 kompetensi dasar di SMK Negeri 10 Makassar terhadap kebutuhan kompetensi kerja di dunia industri menunjukkan relevansi yang cukup kuat yaitu sebesar 95,23% dan termasuk dalam kategori sangat relevan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Jul 2019 08:42
Last Modified: 10 Jul 2019 08:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14073

Actions (login required)

View Item View Item