HUBUNGAN KEKUATAN OTOT LENGAN, KOORDINASI MATA TANGAN DAN KELENTUKAN TOGOK KE DEPAN DENGAN KEMAMPUAN SERVIS BAWAH DALAM PERMAINAN BOLAVOLI MURID SD 241KADAI KECAMATAN MARE KABUPATEN BONE

Faradhita, Nur (2019) HUBUNGAN KEKUATAN OTOT LENGAN, KOORDINASI MATA TANGAN DAN KELENTUKAN TOGOK KE DEPAN DENGAN KEMAMPUAN SERVIS BAWAH DALAM PERMAINAN BOLAVOLI MURID SD 241KADAI KECAMATAN MARE KABUPATEN BONE. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL nur.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Faradhita, 2019. Hubungan kekuatan otot lengan, koordinasi mata tangan dan kelentukan togok ke depan dengan kemampuan servis bawah pada murid SD 241 Kadai Kecamatan Mare Kabupaten Bone dalam permainan bola voli. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan kekuatan otot lengan, koordinasi mata tangan dan kelentukan togok ke depan dengan kemampuan servis bawah. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan tiga variabel bebas yaitu kekuatan otot lengan, koordinasi mata tangan dan kelentukan togok ke depan dengan satu variabel terikat yaitu kemampuan servis bawah. Populasi penelitan ini adalah murid SD 241 Kadai Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Secara random sampling dipilih sampel sebanyak 30 murid. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis koefisien korelasi pada taraf signifikan 0,05, dengan menggunakan bantuan komputer melalui program SPSS. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil: (1) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan dengan kemampuan servis bawah pada murid SD 241 Kadai Kecamatan Mare Kabupaten Bone dengan nilai r sebesar 0,515 (Pvalue < α 0.05); (2) Ada hubungan yang signifikan antara koordinasi mata tangan dengan kemampuan servis bawah pada murid SD 241 Kadai Kecamatan Mare Kabupaten Bone dengan nilai r sebesar 0,520 (Pvalue < α 0.05); (3) Ada hubungan yang signifikan antara kelentukan togok ke depan dengan kemampuan servis bawah pada murid SD 241 Kadai Kecamatan Mare Kabupaten Bone dengan nilai r sebesar 0,503 (Pvalue < α 0.05); (4) Ada hubungan yang signifikan kekuatan otot lengan, koordinasi mata tangan dan kelentukan togok ke depan secara bersama-sama dengan kemampuan servis bawah pada murid SD 241 Kadai Kecamatan Mare Kabupaten Bone dengan nilai (R) sebesar 0,714 (Pvalue < α 0.05); dan nilai Fhitung (F) sebesar 29,923.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > PGSD D2 Dikjas
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Jul 2019 06:39
Last Modified: 10 Jul 2019 06:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14070

Actions (login required)

View Item View Item