PENGARUH STRUKTUR AKTIVA DAN PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Nurhani, Nurhani (2019) PENGARUH STRUKTUR AKTIVA DAN PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Jurnal NURHANI 1492140013.pdf

Download (354kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Nurhani, 2019. Pengaruh Struktur Aktiva dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2015-2017. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Pembimbing:Dr. H.Muhammad Azis, M.Si dan Samirah Dunakhir, SE., M.Buss., Ph.D., Ak., CA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur aktiva dan profitabilitas terhadap struktur modal pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek indonesia 2015-2017 (BEI) secara parsial dan simultan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah struktur aktiva (X1) yang diukur dengan aktiva tetap dibagi total aktiva dan profitabilitas (X2) yang diukur dengan rasio return on equity. Variabel dependen dalam penelitian adalah sturktur modal (Y) yang diukut dengan debt to equity ratio. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2015-2017 yang berjumlah 21 perusahaan. Teknik menetukan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan hasil 14 perusahaan yang telah menjadi sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik analsisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analsis regresi linear berganda, uji hipotesis dan uji korelasi. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan Statistic Product and Service Solution (SPSS) versi 21 memperoleh kesimpulan bahwa struktur aktiva secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modalHa1 diterima dan profitabilitas secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap struktur modal H02 ditolak. Struktur aktiva dan profitabilitas secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2015-2017 Ha3 diterima. Kata Kunci: Struktur Aktiva, Profitabilitas dan Struktur Modal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Jul 2019 04:32
Last Modified: 10 Jul 2019 04:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14066

Actions (login required)

View Item View Item