MUHSYANUR, MUHSYANUR (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Menulis Karangan Persuasi melalui Penggunaan Media Iklan Layanan Masyarakat pada Siswa Kelas X-2 SMA Negeri 1 Takkalalla Kabupaten Wajo. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
MUHSYANUR.docx Download (12kB) |
Abstract
ABSTRAK MUHSYANUR. 2012. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Menulis Karangan Persuasi melalui Penggunaan Media Iklan Layanan Masyarakat pada Siswa Kelas X-2 SMA Negeri 1 Takkalalla Kabupaten Wajo (dibimbing oleh Paturungi Parawansa dan Sjahruddin Kaseng). Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran menulis karangan persuasi melalui penggunaan media iklan layanan masyarakat, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis karangan persuasi dengan penggunaan media iklan layanan masyarakat, (3) mendeskripsikan penilaian proses dan hasil pembelajaran menulis karangan persuasi dengan penggunaan media iklan layanan masyarakat. Adapun manfaat dari penelitian ini terbagi atas dua, yakni: (1) manfaat teoritis dan (2) manfaat praktis. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan desain prosedur pelaksanaan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data perencanaan berupa RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran), data pelaksanaan berupa hasil pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi, dan data evaluasi yang mencakup tes hasil menulis karangan persuasi melalui penggunaan media iklan layanan masyarakat. Adapun sumber data penelitian ini adalah siswa sebagai objek penelitian sedangkan guru sebagai fasilitator serta motivator dalam menulis karangan persuasi dengan menggunakan media iklan layanan masyarakat. Untuk teknik pengumpulan data diperlukan instrumen yaitu instrumen utama dan instrumen penunjang. Instrumen utama dalam penelitian adalah peneliti sendiri, dan instrumen penunjang adalah cacatan lapangan, lembar observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis karangan persuasi melalui penggunaan media iklan layanan masyarakat mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan kemampuan yang signifikan yang dimaksud adalah peningkatan kemampuan dari segi proses meliputi tahap perencanaan yang yang baik dan maksimal, tahap pelaksanaan pembelajaran yang mampu dilakukan dengan sangat baik, dan hasil pembelajaran yang mencakup unsur memilih topik mengalami peningkatan 100% yang sebelumnya 50 %, unsur menentukan kerangka mengalami peningkatan 100% yang sebelumnya hanya mencapai 55, unsur kelogisan meningkat 89% yang sebelumnya 40%, unsur penggunaan organisasi meningkat 87% dari 45%, unsur penggunaan tata bahasa meningkat 92% dari 50%, unsur pilihan kata meningkat 92% dari sebelunya mencapai 50%, dan unsur ejaan dan tanda baca mengalami peningkatan 95% yang sebelumnya hanya mencapai 45%. Olehnya itu, memperhatikan dari hasil penelitian, maka hal ini dapat dijadikan sebagai pembelajaran dengan cara menerapkan strategi pembelajaran yang diterapkan yaitu penggunaan media iklan layanan masyarakat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menulis yang relevan, khususnya dalam kegiatan menulis karangan persuasi. ABCTRACT MUHSYANUR. 2012. Quality Improvement In Teaching Writing Persuasion Essays Through Advertising Public Service Media Of Grade X-2 Student at SMA Negeri 1 Takkalalla in Wajo District (supervised by Paturungi Parawansa and Sjaruddin Kaseng). The study aims at describing (1) the lesson plan of teaching writing persuasion essays through advertising public service media, (2) the application of teaching writing persuasion essays through advertising public service media, and (3) the evalution process and the result of writing persuasion essays through advertising public service media. There are two contributions of the study: (1) theoretical benefit and (2) practical benefit. The study is a qualitative descriptive research with a classroom action research design. Data used in the study were data of lesson plan (RPP), data of application in forms of observation, field notes, and documentation, and data of evaluation which covered the test result of writing persuasion essays through advertising public service media. The sources of the data were students as the object of the study and teacher as the facilitator as well as the motivator in writing persuasion essays through advertising public service media. The instruments used to collect the data were the main instrument and the supporting instrument. The main instrument was the researcher himself; whereas the supporting instruments were the field notes, observation sheet, documentation, and test. The result reveals that teaching writing persuasion essays through advertising public service has significant improvement in terms of process including a well-planned and maximal planning stage, the application of teaching srage which is conducted well, and the result of learning which covered topic colection which is improved from 50% to 100% framework setting which is improved from 55% to 100%, logical element which is improved from 40% to 89%, organization which is improved from 45% to 87%, language structure which is improved from 50% to 92%, diction which is improved from 50% to 92%, and spelling and punctuation marks which is improved from 45% to 95%. Therefore, the result of the study indicates that teachers should apply writing persuasion essays through advertising public service media in teaching.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 02 Dec 2016 06:02 |
Last Modified: | 02 Dec 2016 06:02 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1406 |
Actions (login required)
View Item |