SALIMIN, SALIMIN (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI KABUPATEN LUWU TIMUR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
|
Text
4. ARTIKEL SALIMIN.pdf Download (406kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK SALIMIN, 2019. Pengembangan Instrumen Tes Hasil Belajar Matematika Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Luwu Timur. Jurusan Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Mansyur dan M. Sidin Ali). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes hasil belajar Matematika Kelas VI SD Negeri Kabupaten Luwu Timur yang valid dan reliabel. Jenis penelitian ini adalah pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes hasil belajar Matematika Kelas VI pada pokok bahasan Bilangan Cacah, Pecahan, Lingkaran, dan Bangun Ruang. Langkah pengujian instrumen diawali dengan validasi oleh tim pakar/ahli guna memperoleh justifikasi konseptual pada instrumen yang dikembangkan. Selanjutnya dianalisis secara empiris yang meliputi analisis tingkat kesulitan butir, daya pembeda butir, efektivitas pengecoh, validitas internal, dan reliabilitas tes. Hasil analisis pakar menyatakan instrumen tes hasil belajar Matematika kelas VI SD Negeri Kabupaten Luwu Timur valid secara isi dengan koefisien validitas isi sebesar 0,81. Hasil analisis secara empirik, tingkat kesukaran 3,85% butir mudah, 92,30% butir sedang, dan 3,85% butir sukar. Daya pembeda, 23,08% butir baik, dan 76,92% butir sangat baik. Efektifitas pengecoh berfungsi dengan baik pada semua butir soal. Uji validitas kriteria internal diperoleh 26 butir tes dinyatakan valid. Dengan demikian yang menjadi instrumen tes hasil belajar Matematika Kelas VI SD Negeri Kabupaten Luwu Timur sebanyak 26 butir tes dengan koefisien reliabilitas tes 0,819. Kata Kunci : Pengembangan Instrumen, Tes Hasil Belajar, Matematika Kelas VI
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 09 Jul 2019 03:09 |
Last Modified: | 09 Jul 2019 03:09 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14055 |
Actions (login required)
View Item |