ANALISIS KUALITAS SOAL UJIAN SEKOLAH BERBASIS NASIONAL MATA PELAJARAN IPA SMP NEGERI DI KABUPATEN LUWU TIMUR BERDASARKAN TEORI RESPON BUTIR

ISHAK, ISHAK (2019) ANALISIS KUALITAS SOAL UJIAN SEKOLAH BERBASIS NASIONAL MATA PELAJARAN IPA SMP NEGERI DI KABUPATEN LUWU TIMUR BERDASARKAN TEORI RESPON BUTIR. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
4. ARTIKEL PENELITIAN.pdf

Download (166kB) | Preview

ABSTRAK ISHAK. 2019. Analisis Kualitas Soal Ujian Sekolah Berbasis Nasional Mata Pelajaran IPA SMP Negeri di Kabupaten Luwu Timur Berdasarkan Teori Respon Butir. (dibimbing oleh Kaharuddin Arafah dan Ruslan) Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, yang mendeskripsikan kualitas tes berdasarkan teori respon butir dengan menggunakan program R. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas tes ditinjau dari aspek validitas isi, Model Logistik 1 Parameter, Model Logistik 2 Parameter dan Model Logistik 3 Parameter. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi berupa kisi-kisi USBN, lembar tes, dan 4.094 lembar jawaban peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Tes USBN Mata Pelajaran IPA SMP Negeri di Kabupaten Luwu Timur Tahun Pelajaran 2017/2018 berdasarkan aspek validitas isi belum memenuhi kriteria validitas isi dengan koefisien validitas isi sebesar 0.65; (ii) Tes USBN mata pelajaran IPA SMP Negeri di Kabupaten Luwu Timur Tahun Pelajaran 2017/2018 berdasarkan Model Logistik 1 Parameter, yaitu parameter tingkat kesukaran butir adalah 7 (20%) butir pada kategori sangat sukar, 13 (37,14%) butir pada kategori sukar, 15 (42,86%) butir pada kategori sedang, dan tidak ada butir dengan kategori mudah dan sangat mudah. Dengan estimasi kemampuan peserta tes antara (0) – (+1.1) dan nilai fungsi informasi tes sebesar 1.07; (iii) Tes USBN Mata Pelajaran IPA SMP Negeri di Kabupaten Luwu Timur Tahun Pelajaran 2017/2018 berdasarkan Model Logistik 2 Parameter, yaitu untuk parameter daya beda butir tes adalah 16 (45,71%) butir pada kategori baik, 19 (54,29%) butir pada kategori buruk, dan parameter tingkat kesukaran butir tes adalah 1 (2,86%) butir pada kategori sangat sukar, 8 (22,85%) butir pada kategori sukar, 25 (71,43%) butir pada kategori sedang, 1 (2,86%) butir pada kategori mudah, dan tidak ada butir dengan kategori sangat mudah. Dengan estimasi kemampuan peserta tes antara (-0.5) – (+0.5) dan nilai fungsi informasi tes sebesar 3.27; (iv) sedangkan Tes USBN Mata Pelajaran IPA SMP Negeri di Kabupaten Luwu Timur Tahun Pelajaran 2017/2018 berdasarkan Model Logistik 3 Parameter, yaitu untuk parameter jawaban tebakan butir tes adalah 20 (57,14%) butir yang berfungsi, dan 15 (42,86%) butir yang tidak berfungsi, dan parameter daya beda butir tes adalah 19 (54.29%) butir pada kategori baik, dan 16 (45,71%) butir pada kategori buruk, serta parameter tingkat kesukaran butir tes adalah 8 (22,86%) butir pada kategori sangat sukar, 9 (25,71%) butir pada kategori sukar, 10 (28,57%) butir pada kategori sedang, 8 (22.86%) butir pada kategori mudah, dan tidak ada butir dengan kategori sangat mudah. Dengan estimasi kemampuan peserta tes antara (-1) – (-2) dan nilai fungsi informasi tes sebesar 3.02. Kata Kunci: Teori Respon Butir

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Jul 2019 02:31
Last Modified: 09 Jul 2019 02:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14052

Actions (login required)

View Item View Item