PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VI DI SD NEGERI 203 BONGKA MANU KABUPATEN LUWU TIMUR

SUSYADI, SUSYADI (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VI DI SD NEGERI 203 BONGKA MANU KABUPATEN LUWU TIMUR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (608kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK SUSYADI. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VI Di Sdn 203 Bongka Manu Kabupaten Luwu Timur (dibimbing oleh bapak H. Rusyadi dan Patahuddin). Penelitian ini pada dasarnya bertujuan untuk mengetahui jawaban dari masalah-masalah yang telah dirumuskan sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui hasil belajar Matematika peserta didik dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, 2) Untuk mengetahui hasil belajar Matematika peserta didik dengan menerapkan Model Pembelajaran Ekspositori, 3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Matematika menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan hasil belajar matematika menggunakan Model Pembelajaran Ekspositori pada peserta didik kelas VI SDN 203 Bongka Manu, Kecamatan Angkona, Kabupaten Luwu Timur. Penelitian ini dikategorikan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment), dengan rancangan Non-Equivalent Control Group Design. Pada penelitian diberikan dua jenis perlakukan, perlakuan yang diberikan adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran ekspositori. Hasil dari penelitian ini adalah tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Matematika kelompok peserta didik kelas VI yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan kelompok peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD tidak berpengaruh secara signifikan tehadap hasil belajar Matematika Kelas VI di SD Negeri 203 Bongka Manu Kabupaten Luwu Timur. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Jul 2019 05:45
Last Modified: 08 Jul 2019 05:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14024

Actions (login required)

View Item View Item