IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 12 BANAWA SELATAN KABUPATEN DONGGALA

MANGESAK, AGNES WULANDARI (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 12 BANAWA SELATAN KABUPATEN DONGGALA. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (360kB) | Preview

ABSTRAK Agnes Wulandari Mangesak. 2019. Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Negeri 12 Banawa Selatan Kabupaten Donggala.( Dibimbing oleh Patahuddin dan Baso Intang Sappaile) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, serta faktor penghambat dan faktor pendukung yang ditemui guru dalam Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Negeri 12 Banawa Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik kelas I, II, dan III. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti dengan menggunakan alat bentu berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi untuk mengetahui RPP. Analisis data melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa langkah guru dalam menyusun perencanaan diawali dengan penyusunan silabus pembelajaran untuk menetapkan pemetaan KI, KD, tema, indikator, materi pembelajaran, alokasi waktu, media dan sumber belajar, setelah itu dikembangkan kedalam RPP dengan mengacu kepada silabus dan buku guru yang digunakan sebagai pedoman dalam penyusunan RPP. Penyusunan RPP mengikuti seluruh komponen Kurikulum 2013. Pelaksanaan pembelajaran tematik sudah mengikuti setiap karakteristik dan konsep dalam pembelajaran tematik, seperti memadukan setiap materi kedalam satu tema, pemberian pengalaman langsung kepada peserta didik berdasarkan kehidupan/pengalaman sehari-hari, pemusatan pembelajaran kepada peserta didik, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, serta menggunakan metode dalam pembelajaran. Penilaian dalam pembelajaran tematik menggunakan penilaian autentik untuk penilaian secara menyeluruh dan berkesinambungan terhadap kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik, serta melakukan penilaian fortofolio. Kata kunci : Implementasi, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Jul 2019 07:29
Last Modified: 05 Jul 2019 07:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14007

Actions (login required)

View Item View Item