PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU) TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS BULUTANGKIS SISWA SMA NEGERI 3 TAKALAR

ZULTANIAH, ANNA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU) TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS BULUTANGKIS SISWA SMA NEGERI 3 TAKALAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL-1.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Anna Zultaniah, 2019 (Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Games for Understanding (TGfU) terhadap hasil belajar servis siswa SMA Negeri 3 Takalar. Skripsi, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Hj. Hasmyati, dan Benny Badaru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar servis pendek dalam permainan bulutangkis melalui pendekatan TGfU pada siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 3 Takalar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 3 Takalar dengan jumlah sampel penelitian adalah 20 orang siswa perempuan yang dipilih secara Random sampling dimana teknik pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan. Dalam penelitian ini data dalam bentuk angka yaitu data hasil tes keterampilan servis pendek. Secara teknik pengukuranya hanya satu instrumen yaitu tes servis pendek yang dilakukan terhadap semua sampel. Selanjutnya data-data penelitian dianalisis dengan statistik menggunakan aplikasi SPSS versi 16 dengan signifikansi 95% (0,05). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Games for Understanding terhadap hasil belajar servis siswa SMA Negeri 3 Takalar dengan jumlah sampel sebanyak 20 siswa perempuan (100%), yang memiliki kategori baik sekali sebanyak 4 siswa (20%), kategori baik sebanyak 16 siswa (80%), kategori sedang tidak ada (0%), dan kategori kurang tidak ada (0%). Secara umum tingkat “Pengaruh model pembelajaran Teaching Games for Understanding terhadap hasil belajar servis siswa SMA Negeri 3 Takalar adalah dominan berkategori Baik. Berdasarkan hasil uji-t = (-17,543) artinya jauh lebih besar dari nilai t-tabel. Diperoleh nilai t-tabel = 2,086. Dengan tingkat kepercayaan alpha = 0,05 (95%), maka kesimpulannya adalah ada pengaruh yang signifikan pelatihan model pembelajaran TGfU pada servis pendek bulutangkis siswa SMA Negeri 3 Takalar Kata Kunci : Model, Teaching Games for Understanding, Servis, Bulutangkis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > ILmu Keolahragaan
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Jul 2019 07:08
Last Modified: 05 Jul 2019 07:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14002

Actions (login required)

View Item View Item