PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS KELAS X.1 DI SMK NEGERI 1 BANTAENG

PUTRI, ANDI RINI ANGGRAENI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS KELAS X.1 DI SMK NEGERI 1 BANTAENG. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
skripsi rini-dikonversi.pdf

Download (7MB) | Preview

ABSTRAK ANDI RINI ANGGRAENI PUTRI, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A matck Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis Kelas X.1 SMK Negeri 1 Bantaeng. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar, Pembimbing I: Dr.Muhammad Rakib, S.Pd.M.Si, Pembimbing II: Dr. Agus Syam, M.Si. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. dengan subjek penelitian sebanyak 35 siswa yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 29 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa penggunaan lembar observasi pada saat berlangsungnya proses pembelajaran dan tes yang diberikan pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh skor rata-rata untuk siklus I ialah 73,00 sedangkan ketuntasan klasikalnya mencapai 68,57 persen, dan pada siklus II skor rata-rata yang diperoleh ialah 80,85 dan ketuntasan klasikalnya mencapai 100 persen. Meningkatnya hasil belajar pengantar ekonomi dan bisnis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match ditandai dengan semakin meningkatnya persentase kategori dari kategori rendah pada siklus I menjadi kategori tinggi pada siklus II. Data hasil observasi menunjukkan terjadi peningkatan keaktifan dan perhatian siswa dalam belajar pengantar ekonomi dan bisnis baik pada saat pembelajaran maupun dalam kelompoknya. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar pengantar ekonomi dan bisnis siswa kelas X.1 SMK Negeri 1 Bantaeng. Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Jul 2019 06:08
Last Modified: 05 Jul 2019 06:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13995

Actions (login required)

View Item View Item