Pengembangan Tes Diagnostik Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Wotu Kabupaten Luwu Timur

Sulhijjah, Sulhijjah (2019) Pengembangan Tes Diagnostik Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Wotu Kabupaten Luwu Timur. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan Tes Diagnostik yang diharapkan dapat digunakan untuk mengetahui hasil pengembangan Tes Diagnostik Pembelajaran Matematika Subyek penelitian ini siswa kelas VIII. Prosedur pengembangan tes diagnostik yang digunakan Dalam penelitian ini dengan langkah-langkah yang ditempuh: (1) Menyusun spesifikasi tes yakni; 1) menentukkan tujuan tes yang digunakan adalah tes diagnostik. 2) Merancang kisi-kisi 3) Memilih bentuk tes yang dikembangkan adalah tes essay (2) Perancangan/penulisan tes dan perancangan rubrik tes diagnostik (3) Menelaah butir tes diagnostik adalah salah satu tahapan untuk menghasilkan tes yang valid. (4) Memperbaiki tes (5) Melakukan uji coba tes yakni; tes dilakukan pada akhir pembelajaran setelah pemberian materi. (6) Menganalisis tes lembar jawaban siswa untuk mengetahui hasil belajar siswa dilihat dari skor pencapaian yang diperoleh setiap butir melalui rubrik (7) Menafsirkan hasil tes yakni berupa skor kemudian memberikan keputusan tentang kesulitan yang dimilikinya. Hasil pengembangan pada penelitian ini memenuhi validitas isi dan validitas kriteria. Tingkat kesukaran sedang dan mudah, indeks daya pembeda sangat baik dan baik, tingkat reliabilitas memenuhi. Kata Kunci: Tes Diagnostik, Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Evaluasi Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Jul 2019 05:43
Last Modified: 05 Jul 2019 05:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13989

Actions (login required)

View Item View Item