Analisis Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran IPS Di SD Negeri Se-Kecamatan Angkona Kabupaten Luwu Timur Tahun Pelajaran 2017/2018

Darmawan, Gede and Ali, M. Sidin and Sappaile, Baso Intang (2019) Analisis Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran IPS Di SD Negeri Se-Kecamatan Angkona Kabupaten Luwu Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel Tesis Gede Darmawan.pdf

Download (278kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran IPS di SD Negeri Se-Kecamatan Angkona Kabupaten Luwu Timur Tahun Pelajaran 2017/2018 ditinjau secara teoretik dan empirik. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah lembar jawaban peserta tes sebanyak 381 lembar. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis secara teoretis dan analisis empiris. Hasil penelitian menunjukkan secara teoretik disimpulkan bahwa (i) dari segi validitas muka aspek ketepatan butir mengukur indikator dan aspek kejelasan bahasa menunjukkan instrumen layak untuk digunakan sedangkan aspek komponen kegrafikaan menunjukkan tidak layak untuk digunakan, (ii) valid secara isi, (iii) tidak memenuhi unsur validitas logik. Secara empirik disimpulkan bahwa (i) tingkat kesukaran sebagian besar berada pada kategori sedang, (ii) daya pembeda sebagian besar berada pada kategori baik, (iii) efektivitas pengecoh sebagian besar telah berfungsi, (iv) validitas kriteria internal sebagian besar butir valid, (v) memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,74. Kata kunci: Analisis teoretik dan empirik, teori tes klasik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Jul 2019 06:43
Last Modified: 04 Jul 2019 06:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13971

Actions (login required)

View Item View Item