Pelaksanaan Pelayanan Mutu Akademik (Studi pada Jurusan Pendidikan Teknik dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar)

Sukmawati, Sukmawati and Ahmad, Arifin and Wahira, Wahira (2019) Pelaksanaan Pelayanan Mutu Akademik (Studi pada Jurusan Pendidikan Teknik dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL SUKMAWATI 1.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahuisepertigambaran pelaksanaan pelayanan mutu akademik di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNM dilihat dari keberwujudan (tangibles) keandalan (reliability),ketanggapan (responsiveness), Jaminan (assurance) dan, empati (emphaty).Penulis mengunakan pendekatan Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data (datareduction), penyajian data (displaydata), dan penarikan kesimpulan (conclusiondrawing/verification). Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah uji credibility (derajat kepercayaan) dengan cara melakukan triangulasi sesuai aturan, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi yang tepat. Hasi penelitian ini menunjukkan pelaksanaan pelayanan mutu akademik dilihat dari dimensi kualitas pelayanan akademik Tangibles meliputi penampilan, kemudahan, kedisiplinan serta sarana dan prasarana masih belum sesuai dengan standar pelayanan yang sudah ditetapkan. Reliability dinilai sudah sesuai dengan satndar pelaksanaan setiap petugas ditempatkan sesuai dengan bidangmya masing-masing. Responsiveness sudah maksimal dalam memberikan pelayanan, hal tersebut dibuktikan berdasarkan kemampuan serta kecakapan pegawai melayani mahasiswat sehingga mereka merasa puas dengan palayanan yang diberikan karena respon yang diberikan saat pelayanan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Assurance dinilai kurang ketika melayani mahasiswa, selain itu beberapa mahasiswa merasakan ketidakyakinan dengan apa yang dinformasikan pegawai. Sehubungan dengan itu, pegawai sering kali memberikan harapan yang tidak pasti kepada mahasiswa sehingga ini mengurangi rasa kepercayaan dan menimbulkan rasa keragu-raguan di kalangan mahasiswa. Dengan kata lain, pelayanan bervariasi tergantung dari orang yang melayani dan dilayani. Emphatypelayanan yang dirasakan jauh dari kemudahan karena pelayanan masih terlalu sulit dan berbelit-belit dan tidak ratanya pelayanan yang diberikan dikarenakan adanya perbedaan penjaminan layanan yang dilakukan oleh petugas, sehingga ada ada mahasiswa yang merasa kesulitan dalam mendapatkan pelayanan akademik. Kata Kunci : tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Jul 2019 06:08
Last Modified: 04 Jul 2019 06:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13966

Actions (login required)

View Item View Item