Penyelenggaraan Kelompok Bermain Anak Usia Dini dan Standar Pendidiknya (Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Pendidik) di Kota Makassar

WEMEGASARI, WEMEGASARI (2015) Penyelenggaraan Kelompok Bermain Anak Usia Dini dan Standar Pendidiknya (Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Pendidik) di Kota Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
WEMEGASARI.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK WEMEGASARI. 2015. Penyelenggaraan Kelompok Bermain Anak Usia Dini dan Standar Pendidiknya (Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Pendidik) di Kota Makassar. (Dibimbing oleh Arifin Ahmad dan Abdullah Sinring) Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran penyelenggaraan kelompok bermain anak usia dini menurut standar pendidikan di Kota Makassar; dan (2) mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat penyelenggaraan kelompok bermain anak usia dini menurut standar pendidikan di Kota Makassar. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi agar didapatkan gambaran dalam gejala, proses-proses, tindakan, peristiwa dan aturan-aturan yang berlaku dalam penyelenggaraan kelompok bermain. Dalam penelitian ini, peneliti membagi proses analisis menjadi empat tahap yakni; tahap mengumpulkan data, mereduksi , menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran penyelenggaraan kelompok bermain (KB Khusnul Khotimah, KB Gracia dan KB Upin Ipin) yang terdapat di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar menurut Peraturan Menteri No 58 tahun 2009 tentang karateristik penyelenggaraan PAUD terkhusus standar pendidik dan tenaga kependidikan belum dapat memenuhi karena dari sisi kualifikasi akademik, dominan guru bukan berasal dari latar belakang pendidikan guru pendidikan anak usia dini (PGPAUD) dan melakukan perekrutan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan berdasarkan kompetensi kepribadian dan sosial semata dan tidak memprioritaskan kompetensi lainnya. Faktor penghambat dalam penyelenggaraan dan pengelolaan kelompok bermain yang dihadapi (KB Khusnul Khotimah, KB Gracia dan KB Upin Ipin) menurut standar pendidik dan tenaga kependidikan yaitu: (1) kualifikasi akademik pendidik yang diharapkan belum terpenuhi; dan (2) peningkatan kompetensi pendidik dalam hal kompetensi profesional dan kompetensi paedagogik. Sedangkan faktor pendukung dalam penyelenggaraan kelompok bermain dalam standar pendidik dan tenaga kependidikan yaitu kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian yang dimiliki oleh pendidik dan tenaga kependidikan.   ABSTRACT WEMEGASARI. 2015. The Implementation of Playgroup of Early Childhood and the Standard of Education (Academic Qualification and Teacher Competence) in Makassar City. (Supervised by Arifin Ahmad and Abdullah Sinring) The study aims at discovering (i) the description of the implementation of playgroup based on standard of education in Makassar city; (ii) the supporting and inhibiting factors of the implementation of playgroup based on standard of education in Makassar city. The research employed qualitative approach. Data was collected through interview, observation, and document study technique to obtain the description of symptom, process, actions events and rules applied in the implementation of playgroup. Analysis was conducted in four stages, namely data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The researcher discovered that the description of the implementation of playgroup (KB Khusnul Khotimah, KB Gracia, and KB Upin Ipin) located in Biringkanaya subdistrict in Makassar city based on the Ministry Regulation No.58 year 2009 on the characteristics of the implementation of PAUD particularly the standard of teachers and educational staff had not been fulfilled yet because the academic qualification of the teachers indicated that the background of the teachers were not dominantly from Early Childhood Education (PGPAUD) and recruitment of teachers and educational staff was conducted based on personality and social competencies only and not prioritized on other competencies. The inhibiting factors of the implementation of playgroup (KB Khusnul Khotimah, KB Gracia, and KB Upin Ipin) based on the standard of teachers and educational staff were (1) the expected academic qualification of the teachers had not been fulfilled yet and (2) the improvement of teacher competence in terms of professional and pedagogic competence. On the other hand, the supporting factors of the implementation of playgroup based on the standard of teachers and educational staff were the social and personality competencies possessed by the teachers and educational staff.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Dec 2016 05:39
Last Modified: 02 Dec 2016 05:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1396

Actions (login required)

View Item View Item