PENGARUH PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BALANGNIPA

Wahyuddin, Wahyuddin (2019) PENGARUH PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BALANGNIPA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL TESIS.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran problem posing dapat melatih siswa untuk berpikir kritis, kreatif, dan interaktif melalui pengajuan masalah-masalah yang dituangkan dalam bentuk pertanyaan. Model problem posing mampu memperkaya pengalaman-pengalaman belajar, sehingga pada akhirnya siswa akan lebih aktif dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Pelaksanaan Model Pembelajaran problem posing oleh guru terhadap siswa Kelas IV SDN 1 Balangnipa Kabupaten Sinjai, Untuk mengetahui Kemandirian belajarsiswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing Kelas IV SDN 1 Balangnipa Kabupaten Sinjai, Untuk menguji ada tidaknya penggunaan Model Pembelajaran Problem Posing oleh guru terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Balangnipa Kabupaten Sinjai. Dengan melibatkan dua kelas ( yang terdiri dari 30 siswa) yang dipilih dengan teknik acak sederhana atau simple random sampling technique, data dikumpul melaui lembar observasi dan angket., kemudian dianalisis secara deskriftif dan inferensial. Hasil analis data menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran problem posing dilakukan dengan beberapa tahapan dimulai dari membuka pelajaran ,menjelaskan materi memberikan kesempatan siswa untuk bertanya sampai dengan menutup pelajaran,(2) Kemampuan Kemandirian siswa sebelum pelaksanaan pembelajaran problem posing pada umumnya berada pada kategori sedang sedangkan sesudah pelaksanaan pembelajaran problem posing berada pada kategori tinggi; (3) Ada pengaruh signifikan pelaksanaan pembelajaran problem posing terhadap kemampuan Kemandirian siswa di SD Balangnipa1. Kata kunci: model pembelajaran problem posing , kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 01 Jul 2019 07:02
Last Modified: 01 Jul 2019 07:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13891

Actions (login required)

View Item View Item