Rais, Muhammad (2017) Eksplorasi gaya belajar mahasiswa dan kemampuan mengkonsepsi gambar teknik. Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan), 4 (2). pp. 61-68. ISSN 2356-3958
|
Text
11. Eksplorasi Gaya Belajar.pdf Download (596kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi karaktersitik gaya belajar mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah Gambar Teknik, 2) menguji pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan mengkonsepsi gambar teknik. Desain penelitian adalah pra eksperimen yang dilakukan terhadap 40 orang mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknologi Pertanian angkatan 2016. Instrumen penelitian menggunakan Kolb Learning Style Inventory (KLSI) yang terdiri dari empat dimensi, yaitu gaya belajar diverging, converging, assimilator, dan accommodating. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar mahasiswa terdiri dari 4 (10%) diverging, 12 (30%) converging, 6 (15%) assimilator, dan 18 (45%) accommodating. Dengan demikian, gaya belajar didominasi oleh accommodating dan converging. Penelitian juga menunjukkan bahwa gaya belajar memiliki pengaruh yang signifikan dalam memberikan kemampuan mengkonsepsi gambar teknik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Belajar, Mengkonsepsi Gambar Teknik |
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Hartoto Hartoto |
Date Deposited: | 30 Jun 2019 15:03 |
Last Modified: | 30 Jun 2019 15:03 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13863 |
Actions (login required)
View Item |