Penguatan nilai karakter mahasiswa baru berbasis pembelajaran reflektif (reflection learning)

Rais, Muhammad and Anwar, Badaruddin and Aryani, Farida (2015) Penguatan nilai karakter mahasiswa baru berbasis pembelajaran reflektif (reflection learning). Journal Of Educational Science and Technology, 1 (3). pp. 10-20. ISSN 246-1497

[img]
Preview
Text
9. Penguatan Nilai Karakter.pdf

Download (510kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang akan dilaksanakan selama dua tahun (2015-2016). Kegiatan tahun pertama (2015) diawali dengan menganalisis karakter awal mahasiswa baru. Hasilnya menunjukkan bahwa 1) mahasiswa umumnya 56.67% memaknai kekerasan yang berujung tawuran sebagai perilaku anti sosial yang melanggar hukum, tidak beretika dan perlu direduksi melalui pendekatan preventif awal, 2) umumnya 40% mahasiswa mengetahui bahwa perilaku tawuran baik dari segi gejala, modus, kelompok pelaku, dan kadang waktu-waktu terjadinya tawuran, 3) pemahaman pada mahasiswa bahwa upaya pencegahan tawuran 40% dapat dilakukan melalui pembentukan gerakan anti kekerasan di kampus. Pada tahun pertama juga telah dihasilkan produk buku panduan dan materi pembinaan nilai-nilai karakter mahasiswa baru melalui model pembelajaran reflektif yang telah tervalidasi. Selanjutnya produk diuji pada kelompok ahli dan kelompok mahasiswa untuk menguji kegunaan, kelayakan, dan ketepatan panduan dan materi. Hasilnya menunjukkan bahwa buku panduan dan materi memenuhi kriteria kegunaan, kelayakan, dan ketepatan dengan rata-rata memberi skor 3 dan 4. Kriteria kegunaan menurut penilaian ahli maupun mahasiswa menyatakan bahwa panduan dan buku yang dikembangkan berguna dalam memberi pemahaman konsep pencegahan tawuran sejak dini bagi mahasiswa baru. Kriteria kelayakan dinyatakan bahwa panduan dan buku yang dikembangkan adalah layak dalam upaya memberi penguatan nilai karakter dan semangat membangun komunitas anti tawuran. Kriteria ketepatan dinyatakan bahwa panduan dan buku yang dikembangkan memiliki substansi isi dan materi yang memberi dukungan pengembangan kepribadian khususnya pengembangan nilai-nilai karakter berbasis pada integrasi model pembelajaran khususnya pembelajaran reflektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Reflektif, Nilai Karakter, Anti Kekerasan
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Hartoto Hartoto
Date Deposited: 30 Jun 2019 14:57
Last Modified: 30 Jun 2019 14:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13862

Actions (login required)

View Item View Item