Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Autis Kelas Dasar III di SLB Negeri 1 Makassar

Sriwati, Sriwati (2017) Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Autis Kelas Dasar III di SLB Negeri 1 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
8 SRIWATI.docx

Download (24kB)

SRIWATI, 2017. Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Autis Kelas Dasar III di SLB Negeri 1 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr.Usman Bafadal, M.Si dan Dr.Bastiana, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan berhitung siswa autis yang mengalami hambatan dalam berhitung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah“Bagaimanakah penigkatan berhitung pada siswa autis kelas dasar III di SLB Negeri 1 Makassar sebelum dan sesudah penggunaan media audio visual dan bagaimanakah kemampuan berhitung pada siswa autis kelas dasr III dengan penggunaan media audio visual di SLB Negeri 1 Makassar.Tujuan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung pada siswa autis kelas dasar III di SLB Negeri 1 Makassar sebelum dan sesudah penggunaan media audio visual dan Untuk mengetahui kemampuan berhitung pada siswa autis kelas dasar III dengan penggunaan media audio visual di SLB Negeri 1 Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa autis kelas dasar III.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk presentase dan grafik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pada fase baseline 1 (A1) atau sebelum treatment penggunaan media audio visual berada pada nilai rata-rata 25 artinya siswa berada pada kategori kurang, dimana siswa belum mampu berhitung, untuk itu peneliti menggunakan media audio visual, sehingga pada intervensi (B) berada pada rata-rata 52,5 artinya siswa berada pada kategori cukup, sedangkan pada baseline-2 (A2) yaitu setelah penggunaan media audio visual berada pada nilai rata-rata 83,75 artinya murid berada pada kategori baik karena siswa mampu berhitung 1 sampai 10.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Kemampuan Berhitung, Siswa Autis
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:23
Last Modified: 02 Jul 2019 03:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13852

Actions (login required)

View Item View Item