Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatan Hasil Belajar Matematika Murid Tunarungu Kelas Dasar III di SLB YPAC Makassar

Ariani, Ariani (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatan Hasil Belajar Matematika Murid Tunarungu Kelas Dasar III di SLB YPAC Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
5 ARIANI.docx

Download (28kB)

ARIANI, 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatan Hasil Belajar Matematika Murid Tunarungu Kelas Dasar III di SLB YPAC Makassar”. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Usman. M,Si dan Dr. Mustafa, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah ketidakmampuan murid tunarungu dalam pembelajaran matematika tentang penjumlahan bilangan satuan dengan satuan dan bilangan puluhan dan satuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hasil belajar matematika murid tunarungu kelas dasar III di SLB YPAC Makassar melalui penerapan model pembelajaran kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran kontekstual pada murid tunarungu kelas dasar III di SLB YPAC Makassar. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah murid tunarungu kelas dasar III di SLB YPAC Makassar pada tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 2 orang murid. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes tertulis berupa esai dan dokumentasi berupa foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor hasil belajar matematika murid tunarungu kelas dasar III di SLB YPAC Makassar dengan insial IM menunjukkan skor 9 dengan memperoleh nilai 45 dan insial DI menunjukkan skor 8 dengan memperoleh nilai 40 dari 20 item soal sebelum penerapan model pembelajaran kontekstual termasuk dalam kategori sangat kurang. Sedangkan setelah penerapan model pembelajaran kontekstual murid tunarungu kelas dasar III di SLB YPAC Makassar mengalami peningkatan menjadi kategori baik dan baik sekali. Hal ini dapat diartikan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika murid tunarungu kelas dasar III di SLB YPAC Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar,
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:22
Last Modified: 02 Jul 2019 03:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13849

Actions (login required)

View Item View Item