Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Dadu Huruf Dengan Bantuan Model Kartu Kata Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II di SLB Negeri Parepare

Risdayanti, Andi (2017) Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Dadu Huruf Dengan Bantuan Model Kartu Kata Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II di SLB Negeri Parepare. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
1 ANDI RISDAYANTI.docx

Download (25kB)

ANDI RISDAYANTI. 2013. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Dadu Huruf Dengan Bantuan Model Kartu Kata Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II di SLB Negeri Parepare. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Agus Marsidi, M. Si. dan Prof. Dr. H. Abdul Hadis, M. Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa; Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang terjadi di SLB Negeri Parepare, dimana terdapat murid tunagrahita ringan kelas dasar II yang mengalami kesulitan dalam membaca suku kata dan kata. Rumusan masalah dalam penelitian adalah 1)bagaimanakah kemampuan membaca permulaan sebelum penggunaan media dadu huruf dengan bantuan model kartu kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Parepare, 2)bagaimanakah kemampuan membaca permulaan setelah penggunaan media dadu huruf dengan bantuan model kartu kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Parepare, 3) apakah penggunaan media dadu huruf dengan bantuan model kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II Di SLB Negeri Parepare. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah 1)untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan sebelum penggunaan media dadu huruf dengan bantuan model kartu kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Parepare, 2) untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan setelah penggunaan media dadu huruf dengan bantuan model kartu kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Parepare, 3)untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media dadu huruf dengan bantuan model kartu kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan tes awal dan tes akhir. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Parepare yang berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik tes perbuatan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan suku kata dan kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Parepare sebelum penggunaan media dadu huruf dengan bantuan model kartu kata berada dalam kategori tidak mampu. Sedangkan hasil kemampuan membaca permulaan suku kata dan kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Parepare setelah penggunaan media dadu huruf dengan bantuan model kartu kata berada dalam kategori kurang mampu. Artinya ada peningkatan kemampuan membaca permulaan suku kata dan kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Parepare melalui penggunaan media dadu huruf dengan bantuan model kartu kata, sehingga kemampuan membaca permulaan suku kata dan kata meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca, Media Dadu Huruf, Model Kartu Kata, Tunagrahita Ringan
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:22
Last Modified: 02 Jul 2019 03:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13844

Actions (login required)

View Item View Item