Pengaruh Strategi Pembelajaran Tipe Active Knowledge Sharing dalam Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 19 Gowa pada Materi Pokok Reaksi Redoks dan Elektrokimia

Rahman, Nuraeni (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Tipe Active Knowledge Sharing dalam Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 19 Gowa pada Materi Pokok Reaksi Redoks dan Elektrokimia. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Nureni.docx

Download (17kB)

Abstract

Nuraeni Rahman, 2019. Pengaruh Strategi Pembelajaran Tipe Active Knowledge Sharing dalam Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 19 Gowa pada Materi Pokok Reaksi Redoks dan Elektrokimia. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia. Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Ramdani dan Alimin). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode quasy experiment yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran tipe active knowledge sharing dalam model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XII SMA Negeri 19 Gowa pada materi pokok reaksi redoks dan elektrokimia studi tahun pelajaran 2018/2019. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas XII MIA SMA Negeri 19 Gowa yang terdiri dari lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian yaitu kelas XII MIA4 sebagai kelompok eksperimen dan XII MIA2 sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen dibelajarkan dengan memberikan strategi pembelajaran tipe active knowledge sharing dalam model pembelajaran problem based learning dan kelompok kontrol yang dibelajarkan tanpa pemberian strategi pembelajaran tipe active knowledge sharing dalam model pembelajaran problem based learning. Pengambilan data dilakukan melalui tes hasil belajar yang terdiri dari soal pilihan ganda. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis prasyarat statistik deskriptif menunjukkan nilai rata-rata posttest peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 76,36 dan 65,76. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa data pada kelas eksperimen tidak terdistribusi normal, sedangkan kelas kontrol terdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen, sehingga dilakukan uji non-parametrik (uji Mann-Whitney). Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji mann-whitney diperoleh nilai Zhitung= 2,67 pada taraf kepercayaan 0,05 diperoleh Ztabel = 1,64. Oleh karena itu Zhitung> Ztabel artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran tipe active knowledge sharing dalam model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Problem based learning, active knowledge sharing, reaksi redoks dan elektrokimia.
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:22
Last Modified: 02 Jul 2019 03:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13836

Actions (login required)

View Item View Item