Pengaruh Metode Snowball Throwing Pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA MAN 1 SIDRAP pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur

Muniratuzahra, Muniratuzahra (2019) Pengaruh Metode Snowball Throwing Pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA MAN 1 SIDRAP pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Munira.docx

Download (60kB)

Abstract

Muniratuzahra, 2019. Pengaruh Metode Snowball Throwing Pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA MAN 1 SIDRAP pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia. Jurusan Kimia. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Pince Salempa dan Hj. Ramdani). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode snowball throwing pada model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok Sistem Periodik Unsur. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas X MIA tahun pelajaran 2018/2019 MAN 1 SIDRAP. Sampel yang berjumlah 29 orang pada kelas X MIA 2 sebagai kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan metode snowball throwing pada model discovery learning dan 29 orang pada kelas X MIA 1 sebagai kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan model discovery learning tanpa metode snowball throwing. Pengumpulan data melaui tes hasil belajar dan angket respon peserta didik dengan desain penelitian posttest control group design. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen yang menggunakan metode snowball throwing pada model pembelajaran discovery lebih tinggi yaitu sebesar 73,05 dibandingkan dengan kelompok kontrol yang hanya menggunakan model pembelajaran discovery tanpa metode snowball throwing yaitu sebesar 69,74. Hasil pengujian hipotesis pada statistik inferensial menggunakan uji mann-whitney diperoleh nilai Zhitung 3,62 dan pada taraf kepercayaan (α) 0,05 diperoleh Ztabel 1,65. Oleh karena itu, Zhitung > Ztabel maka H0 ditolak dan H1 diterima, hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan metode snowball throwing pada model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIA MAN 1 SIDRAP pada materi pokok sistem periodik unsur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing, Discovery Learning, Sistem Periodik Unsur, Hasil Belajar.
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:22
Last Modified: 02 Jul 2019 03:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13834

Actions (login required)

View Item View Item