PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AR (AUGMENTEDREALITY) PADA MATA KULIAH PERANGKAT KERAS PRODI PTIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

SAHARUDDIN, NURFAHMI (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AR (AUGMENTEDREALITY) PADA MATA KULIAH PERANGKAT KERAS PRODI PTIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
33 - NURFAHMI SAHARUDDIN_2016.docx

Download (24kB)

Abstract

Nurfahmi Saharuddin, 2016. pengembangan media pembelajaran berbasis AR (Augmented Reality) pada mata kuliah perangkat keras prodi PTIK universitas Negeri Makassar” Makassar: Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar. 2016. Pembimbing: Yunus Tjandi dan Hasrul Bakri. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada mata kuliah perangkat keras prodi PTIK UNM.. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk. Produk yang dihasilkan dapat beraneka ragam, Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) adalah suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru, atau menyempurnakan produk yang telah ada, yang dapat dipertanggung jawabkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara merancang AR sebagai media pembelajaran dan mengetahui persepsi mahasiswa terhadap media pembelajaran, penelitian ini dilaksanakan dengan uji coba kelompok kecil sebanyak 12 orang dan uji coba kelompok besar sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang disebarkan ke responden untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap Media Pembelajaran Berbasis AR (augmented reality). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif.. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap media pembelajaran berbasis AR berada pada kategori sangat baik, baik, cukup baik, tidak baik,dan sangat tidak baik. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media bahwa media ini layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah perangkat keras.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Perangkat keras, Augmented reality.
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:21
Last Modified: 02 Jul 2019 03:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13817

Actions (login required)

View Item View Item