PENGARUH PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA PRESENTASI ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS VERBAL SISWA PADA MATA PELAJARAN KKPI DI SMKN 6 TAKALAR

YUDALI, NURA (2016) PENGARUH PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA PRESENTASI ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS VERBAL SISWA PADA MATA PELAJARAN KKPI DI SMKN 6 TAKALAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
32 - NURA YUDALI.docx

Download (18kB)

Nura Yudali. 1229542004. 2016. Pengaruh Metode Problem Based Learning Menggunakan Media Presentasi Animasi Terhadap Peningkatan Kreativitas Verbal Siswa Pada Mata Pelajaran KKPI di SMKN 6 Takalar. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Makassar. Pembimbing: Syarifuddin Kasim dan Muh.Yusuf Mappeasse. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan dan pengaruh metode problem based learning menggunakan media presentasi animasi terhadap peningkatan kreativitas verbal pada siswa SMK. Penelitian ini dilakukan di SMKN 6 Takalar pada bulan Maret hingga bulan April 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent control group design, sampel diambil secara purposive sampling dari dua kelas yaitu kelas X.TKJ 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 siswa dan kelas X.TKJ 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan pertimbangan saat peneliti ingin melakukan penelitian siswa kelas XI sedang melakukan PSG di luar kota sedangkan siswa kelas XII akan ujian nasional, jadi untuk melancarkan penelitian, peneliti mengambil sampel siswa kelas X yang aktif dalam pembelajaran. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes kreativitas verbal yang disusun oleh Munandar berdasarkan konstruk model struktur intelek Guilford. Hasil Posttest kreativitas verbal siswa kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol, dan dari hasil uji “t” diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Setelah mengetahui bahwa terdapat perbedaan dari kelompok eksperimen dan kontrol, selanjutnya untuk mencari pengaruh dengan membandingkan hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dan hasilnya kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Pada penelitian ini juga dilakukan observasi untuk menilai sikap siswa selama proses pembelajaran dengan metode problem based learning dan memperoleh nilai rata-rata keseluruhan yang berada pada kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metode problem based learning, media presentasi animasi, kreativitas verbal.
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:21
Last Modified: 02 Jul 2019 03:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13815

Actions (login required)

View Item View Item