Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Modul Pada Mata Pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerik Peserta didik Di SMKN 1 Minasatene

KUDUS., ST. ISWAHYUNI (2014) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Modul Pada Mata Pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerik Peserta didik Di SMKN 1 Minasatene. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ST. ISWAHYUNI KUDUS.doc

Download (38kB)

ABSTRAK ST. ISWAHYUNI KUDUS. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Modul Pada Mata Pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerik Peserta didik Di SMKN 1 Minasatene (Dibimbing oleh Hasanah Nur dan Abdul Muis Mappalotteng). Tujuan penelitian ini adalah untuk (i) menemukan cara mengembangkan bahan ajar berbasis modul pada mata pelajaran menganalisis rangkaian listrik untuk meningkatkan kemampuan numerik peserta didik di SMK Negeri 1 Minasatene, (ii) mengetahui apakah modul pada mata pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan numerik peserta didik di SMK Negeri 1 Minasatene. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and development) yang difokuskan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul pada pembelajaran, perangkat pendukung berupa rencana pelaksanaan pembelajaran dan tes hasil belajar untuk peserta didik kelas X SMK kompetensi kejuruan Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Model pengembangan pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan Model 4-D oleh Thiagarajan, yang terdiri dari 4 tahap yakni sebagai berikut: (1) pendefinisian (define), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (develope) dan (4) penyebaran (disseminate). Modul Menganalisis Rangkaian Listrik dengan kemampuan numerik yang dikembangkan, divalidasi oleh dua orang ahli/pakar dengan mengalami sedikit revisi sehingga didapatkan hasil yang layak untuk digunakan. Uji coba dilakukan di SMK Negeri 1 Minasatene pada kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik dengan jumlah peserta didik 17 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengembangan bahan ajar berbasis modul pembelajaran pada mata pelajaran menganalisis rangkaian listrik dinyatakan valid. Berdasarkan hasil uji coba keefektifan didapatkan bahwa hasil penelitian menunjukkan: 1) Aktivitas peserta didik meningkat secara signifikan, (2) Respon peserta didik dan pendidik terhadap hasil pengembangan sangat baik, (3) Sintaks-sintaks pembelajaran terlaksana dengan baik dan dapat diukur dari aktivitas pendidik dan (4) hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik meningkat. Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Rangkaian Listrik, Kemampuan Numerik, Respon, Aktivitas ABSTRACT ST. ISWAHYUNI KUDUS. 2014. Based Instructional Materials Development Module Lesson In Electric Circuits Analyzing To Improve the Numerikal Ability of student In SMK 1 Minasatene (Supervised by Hasanah Nur and Abdul Muis Mappalotteng ) . The study aims at (i) find a way to develop a module -based teaching materials on subjects analyzing electrical circuits to improve numerikal ability learners in SMK Negeri 1 Minasatene (ii) examining whether the modules on the subjects developed Analyze Circuit effectively to improve numerikal students at SMK Negeri 1 Minasatene. This study was a research and development that is focused on developing teaching materials in the form of modules on subjects Analyzing Circuit specifically to enhance the students' ability numerik , supporting devices such as lesson plan and test of learning achievement at grade X student at SMK in Eletrical Engineering Program. T he models used for the research referred to Thiagarajan (Model 4 - D) , consisted of definition stage, designing stage and the development stage. Analyzing Module Circuit that has been developed , has been validated by two experts / specialists with experience slight revision to obtain decent results to be used . Tests performed at SMK Negeri 1 Minasatene in class X Elettrical Engineering with the number of students 17 people . The results showed that the learning module with numerik ability , lesson plan and test of learning had fulfilled the criteria: (1) is valid according to the validator assessment , (2) effective , learners and teachers activities had met the expectation and gave positive response, (3) practical , because the all of the aspect of learning could be conducted during the teaching and learning progress (4) the learning result of student on electrical installation lesson material has achieves learning mastery.. Keywords : Module , Electric Circuits , Numerikal Ability , SMK

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Nov 2016 07:48
Last Modified: 30 Nov 2016 07:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1381

Actions (login required)

View Item View Item