PEMUKA AGAMA DAN MINUMAN KERAS (Studi Tentang Peran Pegawai Syara dalam Mencegah Prilaku Annginung di Desa Cakura Kecamatan Polombangkeng Selatan Kabupaten Takalar)

Ahmad, Ahmad (2013) PEMUKA AGAMA DAN MINUMAN KERAS (Studi Tentang Peran Pegawai Syara dalam Mencegah Prilaku Annginung di Desa Cakura Kecamatan Polombangkeng Selatan Kabupaten Takalar). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
2013 FIS - AHMAD.docx

Download (114kB)

Abstract

ABSTRAK AHMAD, 2013. Pemuka Agama dan Minuman Keras (studi tentang peran “Pegawai syara” dalam Mencegah Perilaku Annginung di Desa Cakura Kecamatan Polombagkeng Selatan Kabupaten Takalar),di bawah bimbingan Ashari Ismail dan Idham Irwansyah.SKRIPSI. Mahasiswa Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kebiasaan masyarakat dalam mengkomsumsi minuman beralkohol dan bagaimana stategi pegawai syara dalam mengatasi perilaku annginung dalam masyarakat di Desa Cakura Kecamatan Polombagkeng Selatan Kabupaten Takalar. Penelitian ini adalah penelitian deskripsif kualitatif dengan menggunakan studi kasus, teknik pengumpulan data melalui orservasi, wawancara dan dukumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif. Dalam penelitian ini dipilih sebanyak lima orang informan yang bermukim di lokasi penelitian, informan adalah masyarakat yang mengkonsumsi minuman keras dan pegawai Syara yang tersebar di dusun-dusun yang ada di Desa Cakura. Adapun faktor-faktor yang melatarbelakangi masyarakat mengkonsumsi minuman keras yaitu pertama, faktor dari dalam diri seseorang (internal), gen atau keturunan, psikologi dan kepribadian,kedua faktor dari luar diri seseorang (esternal), meliputi peranan keluarga, lingkungan sosial, serta keadaan ekonomi dan pendidikan,selanjutnya dampak mengkonsumsi minuman keras oleh masyarakat di Desa Cakura, yaitu perbuatan-perbuatan yang melanggar norma-norma yang berlaku dalam masyarakat ,dan peranan pegawai syara dalam mencegah perilaku menyimpang oleh masyarakat di Desa Cakura Kecamatan Polombangkeng Selatan Kabupaten Takalar, yaitu memberikan penyuluhan-penyuluhan tentang bahaya yang ditimbulkan oleh minuman beralkohol, memperbanyak cerama-cerama di mesjid,dan memberikan sangsi bagi masyarakat yang mengkonsumsi minuman keras.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
FAKULTAS ILMU SOSIAL > Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:20
Last Modified: 02 Jul 2019 03:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13806

Actions (login required)

View Item View Item