PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) 1 MAKASSAR

whendy, DWI TIYANTO (2017) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) 1 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
WHENDY DWI.docx

Download (43kB)

Whendy Dwi Tiyanto. 2017. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Pegawai di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) 1 Makassar. Dibimbing oleh Sirajuddin Saleh dan Risma Niswati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah, gambaran kinerja pegawai, dan pengaruh gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja pegawai di SMk YPLP PGRI 1 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan asosiatif yang menunjukkan hubungan kuasal yakni hubungan yang bersifat sebab akibat, populasi penelitian ini berjumlah 28, jadi dari 28 populasi ini digunakan semua sebagai responden sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah SMK PGRI 1 Makassar berada pada kategori sangat baik, yang ditinjau dari indikator, wewenang pimpinan tidak mutlak, keputusan dan kebijakan dibuat bersama, pengawasan dilakukan secara wajar, pimpinan mendorong prestasi bawahan, terdapat pelimpahan sebagian wewenang kepada bawahan, pujian dan kritik seimbang, suasana saling percaya, menghormati dan menghargai. Tingkat kinerja pegawai pada SMK PGRI 1 Makassar berada pada kategori baik, hal ini ditinjau dari indikator, kuantitas kerja, kualitas kerja, dan pemanfaatan waktu. Hasil analisis dan pengujian hipotesis yang diajukan pada penelitian ini “diduga ada pengaruh gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja pegawai pada SMK PGRI 1 Makassar” dinyatakan diterima dengan tingkat cukup baik dengan standar deviasi 4,84468.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Lemlit Lemlit
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:21
Last Modified: 02 Jul 2019 03:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13800

Actions (login required)

View Item View Item