PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ICARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 10 PAREPARE PADA MATA PELAJARAN TIK

KANTAO, A. SUMARNI (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ICARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 10 PAREPARE PADA MATA PELAJARAN TIK. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
22 - A.SUMARNI KANTAO_2016.docx

Download (42kB)

Abstract

A. Sumarni Kantao, 2016. Penerapan Metode Pembelajaran ICARE untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 10 Parepare pada Mata Pelajaran TIK. Skripsi Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Pembimbing: Syamsurijal dan Zulhajji. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas VII.6 SMP Negeri 10 Parepare melalui penerapan metode pembelajaran ICARE. Desain penelitian yang digunakan yaitu design model Stephen Kemmis dan Robin McTaggart. Subjek penelitian berjumlah 36 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes dan obeservasi untuk mengamati aktivitas siswa. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran ICARE yang memuat lima tahapan yaitu, Introduction, Connection, Application, Reflection dan Ekstention menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar. Hal tersebut terbukti dari terjadinya peningkatan persentase ketuntasan dari Siklus I ke Siklus II yaitu sebesar 19,45% . Dengan ini hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas VII.6 SMP Negeri 10 Parepare mengalami peningkatan setelah dilaksanakan proses belajar mengajar dengan menerapkan metode pembelajaran ICARE.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran ICARE, TIK
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:21
Last Modified: 02 Jul 2019 03:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13799

Actions (login required)

View Item View Item