PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AP 2 PADA MATA PELAJARAN MENERAPKAN PRINSIP-PRINSIP KERJASAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN DI SMK NEGERI 1 MANDALLE KABUPATEN PANGKEP

Puput, Novel (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AP 2 PADA MATA PELAJARAN MENERAPKAN PRINSIP-PRINSIP KERJASAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN DI SMK NEGERI 1 MANDALLE KABUPATEN PANGKEP. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
PUPUT NOVEL.docx

Download (43kB)

Abstract

Puput Novel, 2016. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X AP 2 pada mata pelajaran Menerapkan prinsip-prinsip kerjasama dengan kolega dan pelanggan di SMK Negeri 1 Mandalle Kabupaten Pangkep. Skripsi. Dibimbing oleh Bapak Muh. Darwis, dan Bapak Abd. Hafid Amirullah, pada Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X AP 2 Pada Mata Pelajaran Menerapkan prinsip-prinsip Kerjasama dengan kolega dan pelanggan di SMK Negeri 1 Mandalle Kabupaten Pangkep tahun ajaran 2015/2016. Setting dan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas X AP 2 SMK Negeri 1 Mandalle dengan jumlah siswa 20 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersiklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan analisis kualitatif dan kuantitatif yaitu menganalisis hasil observasi guru dan siswa dan menganalisis data yang diperoleh dari hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar. Peningkatan ini dapat dilihat dari setiap siklus. Siklus I pertemuan pertama aktivitas guru dan siswa masing-masing terkategori cukup kemudian pada pertemuan kedua siklus I aktivitas guru dikategorikan masih cukup tetapi lebih meningkat dari pertemuan pertama sedangkan aktivitas siswa dikategorikan baik. Kemudian pada siklus II aktivitas guru dan siswa makin meningkat dari pertemuan pertama sampai dengan pertemuan kedua dikategorikan baik. Kemudian pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran menerapkan prinsip-prinsip kerjasama dengan kolega dan pelanggan dari siklus I masuk kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Jadi kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaraan kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X AP 2 Pada Mata Pelajaran Menerapkan prinsip-prinsip Kerjasama dengan kolega dan pelanggan di SMK Negeri 1 Mandalle Kabupaten Pangkep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Lemlit Lemlit
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:20
Last Modified: 02 Jul 2019 03:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13797

Actions (login required)

View Item View Item