Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality

Jaya, Hendra and Mantasia, Mantasia and Sadiran, Ahmad (2017) Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality. In: Seminat Nasional Membangun Indonesia Melalui Riset, 26 Agustus 2017, Makassar, Indonesia.

[img]
Preview
Text (Artikel Prosiding Seminar Nasional)
Artikel Prosiding Nasional - Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reeality.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Artikel Prosiding Seminar Nasional)
Peer Review - Artikel Prosiding Nasional - Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reeality.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/index

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada Mata Kuliah Antena dan Propagasi di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dalam bentuk One-group pretest-postest, dengan populasi seluruh mahasiswa yang memprogramkan matakuliah Antena dan Propagasi jurusan PTA Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar dan sampel penelitian mahasiswa angkatan 2014 sebanyak 23 orang. Data penelitian diperoleh dengan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini diperoleh mahasiswa pada pelaksanaan pretest memperoleh nilai tuntas sebesar 21,7% dan nilai tidak tuntas sebesar 78,3%. Sedangkan pada posttest diperoleh mahasiswa dengan nilai tuntas sebesar 86,95% dan nilai tidak tuntas sebesar 13,04%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara proses pembelajaran sebelum penggunaan Augmented Reality dengan proses pembelajaran setelah penggunaan Augmented Reality dan dengan penggunaan Augmented Reality lebih efektif meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Antena dan Propagasi mahasiswa angkatan 2014 Jurusan PTA Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, Augmented Reality, Hasil Belajar
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:46
Last Modified: 28 Jun 2019 02:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13781

Actions (login required)

View Item View Item