Pembelajaran Praktek Berbasis Web Untuk Memfasilitasi Keterampilan Vokasional Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Jaya, Hendra and haryoko, sapto and Lumu, Lu'mu (2015) Pembelajaran Praktek Berbasis Web Untuk Memfasilitasi Keterampilan Vokasional Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. In: Optimalisasi Hasil-Hasil Penelitian Dalam Menunjang Pembangunan Berkelanjutan, 13 Juni 2015, Makassar, Indonesia.

[img]
Preview
Text (Artikel Prosiding Seminar Nasional)
Artikel Prosiding Nasional - Pembelajaran Praktek Berbasis Web Untuk Memfasilitasi Keterampilan Vokasional Bagi anak Berkebutuhan Khusus.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Artikel Prosiding Seminar Nasional)
Peer Review - Artikel Prosiding Nasional - Pembelajaran Praktek Berbasis Web Untuk Memfasilitasi Keterampilan Vokasional Bagi anak Berkebutuhan Khusus.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Peer Review Prosiding Nasional (Prof. Sapto))
Prosiding Nasional-Pembelajaran Praktik Berbasis Web untuk memfasilitasi Keterampilan Volasional bagi Anak Berkebutuhan Khusus.pdf - Published Version

Download (14MB)

Abstract

Abstrak: Anak berkelainan (anak berkebutuhan khusus) berhak pula memperoleh kesempatan yang sama dengan anak lainnya (anak normal) dalam pendidikan. Anak berkebutuhan khusus pada umumnya terdiri atas anak-anak yang mengalami keterlambatan dan gangguan dalam perkembangannya sehingga membutuhkan penanganan khusus untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki anak berkebutuhan khusus. Urgensi (keutamaan) penelitian ini antara lain adalah: 1) terciptanya sebuah perangkat pembelajaran multimedia berbasis TIK yang dapat memfasilitasi proses belajar dan keterampilan vokasional anak berkebutuhan khusus (ABK); 2) dengan adanya perangkat pembelajaran berbasis multimedia dan Teknologi Informasi dan Komunikasi maka diharapkan penyampaian materi pada anak berkebutuhan khusus (ABK) ini menjadi lebih mudah diterima daripada penyampaian dengan menggunakan buku dan alat peraga; 3) dengan adanya aplikasi multimedia interakif ini penerimaan materi akan lebih mudah ditangkap, karena materi dilengkapi penjelasan melalui animasi gambar yang dikemas secara menarik, aplikasi multimedia ini dirancang dengan konsep user friendly, dan meringankan beban guru dalam memberikan materi pembelajaran; 4) media pembelajaran berbasis multimedia dan TIK ini digunakan sebagai pembelajaran khususnya pada peserta didik berkebutuhan khusus, dan diharapkan dengan adanya media pembelajaran ini dapat meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan serta meningkatkan kemampuan vokasional pada Sekolah Luar Biasa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, TIK, keterampilan vokasional, anak berkebutuhan khusus
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:36
Last Modified: 30 Jul 2021 14:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13779

Actions (login required)

View Item View Item