Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 6 Makassar (Studi pada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit)

Alwi, Muhammad Ismail (2019) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 6 Makassar (Studi pada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Ismail.docx

Download (38kB)

Abstract

Muhammad Ismail Alwi, 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 6 Makassar (Studi pada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit). Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia. Jurusan Kimia. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Sugiarti dan Sudding). Penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy experiment) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 6 Makassar pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit. Dengan desain penelitian posttest only control design. Populasi adalah peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 6 Makassar yang terdiri dari enam kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling), sehingga terpilih kelas X MIPA4 sebagai kelompok eksperimen dan X MIPA5 sebagai kelompok kontrol. Kelas eksperimen dibelajarkan menggunakan model pembelajaran (PBL) sedangkan kelas kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan data hasil belajar dilakukan dengan pemberian posttest. Analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa kelas eksperiman memiliki ketuntasan hasil belajar yang lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 74,29% dan 51,52%. Analisis statistik inferensial menggunakan uji mann whitney dengan α = 0,05 diperoleh Zhitung (5,90) > Ztabel (1,64). Berdasarkan hal tersebut, menunjukkan bahwa ada pengaruh model PBL terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 6 Makassar pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 28 Jun 2019 03:34
Last Modified: 28 Jun 2019 03:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13767

Actions (login required)

View Item View Item