Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Berbasis Kontekstual terhadap Rasa Ingin Tahu dan Kejujuran Akademik Peserta Didik Kelas XI MAN GOWA.

Fatmawati, Fatmawati (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Berbasis Kontekstual terhadap Rasa Ingin Tahu dan Kejujuran Akademik Peserta Didik Kelas XI MAN GOWA. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Fatmawati.docx

Download (28kB)

Abstract

Fatmawati., 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Berbasis Kontekstual terhadap Rasa Ingin Tahu dan Kejujuran Akademik Peserta Didik Kelas XI MAN GOWA. Studi pada Materi Pokok Asam Basa Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia. Jurusan Kimia. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Sugiarti dan Sumiati). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery berbasis kontekstual terhadap rasa ingin tahu dan kejujuran akademik serta untuk mengetahui adanya korelasi antara rasa ingin tahu dan kejujuran akademik peserta didik kelas XI MAN Gowa pada materi pokok asam basa. Desain penelitian yang digunakan adalah ”posttest only control design”. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA MAN Gowa yang terdiri dari 4 kelas. Sedangkan sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran discovery berbasis kontekstual dan pembelajaran konvensional. Variabel terikatnya adalah rasa ingin tahu dan kejujuran akademik peserta didik. Data yang diperoleh dianalaisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata rasa ingin tahu dan kejujuran akademik peserta didik kelompok eksperimen berturut-turut 71,92 dan 73,91 dan kelompok kontrol yaitu 54,81 dan 50,93. Hasil pengujian hipotesis rasa ingin tahu menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung = 8,098 pada taraf signifikan 0.05 diperoleh ttabel = 1,996, dan uji hipotesis kejujuran akademik menggunakan uji t diperoleh nilai thitung = 16,604 pada taraf signifikan 0.05 diperoleh ttabel = 1,996. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran discovery berbasis kontekstual terhadap rasa ingin tahu dan kejujuran akademik peserta didik kelas XI MAN Gowa. Hasil analisis korelasi product moment diperoleh nirai rhitung = 0,027 pada taraf signifikan 0,05 diperoleh rtabel =0,068. Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak ada korelasi antara rasa ingin tahu dan kejujuran akademik peserta didik kelas XI MAN Gowa pada materi pokok asam basa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Kontesktual, Rasa Ingin Tahu, Kejujuran Akademik
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 28 Jun 2019 03:34
Last Modified: 28 Jun 2019 03:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13761

Actions (login required)

View Item View Item