Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 11 Bulukumba (Studi Pokok Laju Reaksi)

Darmawati, Darmawati (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 11 Bulukumba (Studi Pokok Laju Reaksi). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Darmawati.docx

Download (31kB)

Abstract

Darmawati, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 11 Bulukumba (Studi Pokok Laju Reaksi). Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia. Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Pince Salempa dan Taty Sulastry). Penelitian ini adalah penelitian quasy experiment yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAN 11 Bulukumba pada materi pokok laju reaksi tahun pelajaran 2018/2019. Desain penelitian adalah post-test only control design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 11 Bulukumba yang terdiri dari tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Kelas XI IPA3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 peserta didik. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran konvensional. Variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik yang terdiri dari kognitif, afektif dan psikomotorik. Data afektif diperoleh melalui pengisian lembar penilaian afektif yaitu disiplin, tanggungjawab, percaya diri, jujur dan kerja sama secara berturut-turut memperoleh nilai 82.29, 89.16, 85.00, 87.91 dan 90.83 pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol secara berturut-turut 81.45, 86.87, 84.17, 86.04, dan 88.12. Data psikomotorik diperoleh melalui pengisian lembar penilaian psikomotorik yaitu kinerja proses, kinerja produk dan presentasi, secara berturut-turut memperoleh nilai 94.28, 95.93, dan 88.09 pada kelas ekperimen, sedangkan pada kelas secara berturut-turut 90.35, 94.58 dan 84.76. Data kognitif diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada akhir pembelajaran. Data kognitif dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney diperoleh nilai Zhitung = 6.65 pada α = 0,05 dan Ztabel = 1.64. Oleh karena itu, Zhitung > Ztabel artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAN 11 Bulukumba pada materi laju reaksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Inkuri terbimbing, hasil belajar, laju reaksi.
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 28 Jun 2019 03:34
Last Modified: 28 Jun 2019 03:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13760

Actions (login required)

View Item View Item