Penerapan Strategi Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK, Di SMA PGRI Sungguminasa Gowa

Bahar, Ayu Saputri (2017) Penerapan Strategi Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK, Di SMA PGRI Sungguminasa Gowa. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
AYU SAPUTRI BAHAR.doc

Download (70kB)

Abstract

Ayu Saputri Bahar 1329042068, 2017. Penerapan Strategi Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK, Di SMA PGRI Sungguminasa Gowa. Skripsi. Gowa: Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar. 2017. Pembimbing: Syahrul dan M.Yusuf Mappeasse. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas X-1 SMA PGRI Sungguminasa dengan menerapkan Strategi Think Talk Write (TTW). Subjek penelitian berjumlah 35 orang siswa. Dengan metode penelitian di antaranya dilakukan observasi awal, teknik dokumentasi dan teknik observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Pre Test, Post Test dan tes pada setiap akhir siklus sesuai dengan materi yang diajarkan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa, setelah diterapkannya metode pembelajaran Strategi Think Talk Write (TTW), pada akhir Siklus I hasil belajar siswa tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Selanjutmya pada Siklus II dengan hasil refleksi dari Siklus I, hasil belajar siswa telah mencapai KKM dan Indikator yang telah ditetapkan, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas X-1 SMA PGRI Sungguminasa Gowa mengalami peningkatan setelah dilaksanakannya proses belajar mengajar dengan menerapkan Strategi Think Talk Write (TTW).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Think Talk Write (TTW), Peningkatan Hasil Belajar, PTK
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 28 Jun 2019 03:32
Last Modified: 28 Jun 2019 03:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13742

Actions (login required)

View Item View Item