Pengembangan Sistem Auto Update Pada Aplikasi Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Berbasis Client Server Di Dinas Pendapatan Daerah UPTD Gowa

Jaya, Arsan Kumala (2016) Pengembangan Sistem Auto Update Pada Aplikasi Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Berbasis Client Server Di Dinas Pendapatan Daerah UPTD Gowa. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARSAN KUMALA JAYA_2016.docx

Download (25kB)

Abstract

Arsan Kumala Jaya, 1229542014. Pengembangan Sistem Auto Update Pada Aplikasi Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Berbasis Client Server Di Dinas Pendapatan Daerah UPTD Gowa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar. Pembimbing: Muh. Yusuf Mappeasse dan Harifuddin. Tujuan membangun sistem auto update pada aplikasi pelayanan pajak kendaraan bermotor berbasis client server ini adalah untuk memudahkan petugas pajak dalam melakukan proses pelayanan pajak kendaran bermotor yang jauh dari kantor Dinas Pendapatan Daerah UPTD Gowa dan membantu memperoleh informasi biaya pajak kendaraan bermotor yang up to date. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat lunak yang menggunakan model pengembangan yang terdapat pada metode pengembangan SDLC (System Development Life Cycle) yaitu prototyping yang terdiri dari beberapa tahapan-tahapan: pengumpulan kebutuhan, membangun prototipe, evaluasi prototipe, mengkodekan sistem ,menguji sistem, evaluasi sistem. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem auto update pada aplikasi pelayanan pajak kendaraan bermotor berbasis client server di Dinas Pendapatan Daerah UPTD Gowa dengan menggunakan bahasa pemrograman web PHP dan database MySQL yang dapat memberikan pelayanan dan informasi pajak secara online. Sistem auto update pada aplikasi pelayanan pajak kendaraan bermotor berbasis client server ini telah divalidasi oleh pakar dan user petugas Dinas Pendapatan Daerah UPTD Gowa dan mendapat kategori Sangat Baik, kemudian diuji coba menggunakan Black box testing, hasilnya sistem auto update pada aplikasi pelayanan pajak kendaraan bermotor berbasis client server ini bekerja sesuai dengan rancangan sistem dan dapat dijalankan pada daerah yang jauh dari Kantor Dinas Pendapatan Daerah UPTD Gowa. Oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem ini layak untuk digunakan dan dapat diaplikasi dengan mudah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pajak Kendaraan Bermotor, Sistem auto update, Web, Prototyping, Java, PHP, MySQL, Black box testing.
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 28 Jun 2019 03:33
Last Modified: 28 Jun 2019 03:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13737

Actions (login required)

View Item View Item