Aplikasi Kamus Augmented Reality Pengenalan Benda-benda di Laboratorium Komputer dalam Tiga Bahasa (Inggris-Arab-Indonesia) berbasis android

Isdaryanti, Pujiana (2018) Aplikasi Kamus Augmented Reality Pengenalan Benda-benda di Laboratorium Komputer dalam Tiga Bahasa (Inggris-Arab-Indonesia) berbasis android. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
37. Skripsi Pujiana.docx

Download (27kB)

Abstract

Pujiana Isdaryanti, 2018. Aplikasi Kamus Augmented Reality Pengenalan Benda-benda di Laboratorium Komputer dalam Tiga Bahasa (Inggris-Arab-Indonesia) berbasis android. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar. Pembimbing: Muh. Yusuf Mappeasse dan Dyah Darma Andayani. Penelitian ini bertujuan untuk (a) menghasilkan aplikasi kamus augmented reality pengenalan benda-benda di laboratorium komputer dalam tiga bahasa (Inggris-Arab-Indonesia) berbasis android; (b) mengetahui tanggapan pengguna terhadap penerapan aplikasi kamus augmented reality pengenalan benda-benda di laboratorium komputer dalam tiga bahasa (Inggris-Arab-Indonesia) berbasis android dan (c) mengetahui kelayakan aplikasi kamus augmented reality pengenalan benda-benda di laboratorium komputer dalam tiga bahasa (Inggris-Arab-Indonesia) berbasis android. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan prototyping dengan tahapan Communication (Komunikasi), Quick Plan (Perencanaan), Modeling Quick Design (Desain Pemodelan), Construction of Prototype (Implementasi), Deployment Delivery & Feedback (Testing, penyerahan kepada pelanggan dan umpan balik). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian ini mengembangkan sebuah aplikasi berbasis android dengan menggunakan aplikasi Unity3D. Pengujian aplikasi ini menggunakan ISO 9126 yang berfokus pada karakteristik functionality, maintainability, portability, reliability dan usability. Hasil penelitian ini adalah sebuah aplikasi kamus augmented reality pengenalan benda-benda di laboratorium komputer dalam tiga bahasa (Inggris-Arab-Indonesia) berbasis android. Hasil pengujian karakteristik functionality menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 100% dengan interpretasi sangat baik. Hasil pengujian maintainabilty dinyatakan baik. Pengujian portability menunjukan tingkat kelayakan sebesar 100% dengan skala sangat baik sedangkan pengujian reliability menunjukkan nilai yang sama pada region, node dan cyclomatic complexity serta pada pengujian usability diperoleh tanggapan yang sangat baik terhadap penggunaan aplikasi. Untuk keseluruhan karakteristik ISO 9126 yang diujikan, menunjukkan bahwa aplikasi ini sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kamus, Augmented Reality, Laboratorium Komputer, Android, ISO 9126
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 28 Jun 2019 03:32
Last Modified: 28 Jun 2019 03:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13727

Actions (login required)

View Item View Item