Pengembangan Aplikasi Pengenalan Kabupaten dan Kota di Sulawesi Selatan berbasis Android Menggunakan Perangkat Lunak Adobe Flash CC

Akmal, Muhammad (2018) Pengembangan Aplikasi Pengenalan Kabupaten dan Kota di Sulawesi Selatan berbasis Android Menggunakan Perangkat Lunak Adobe Flash CC. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
MUHAMMAD AKMAL_.docx

Download (66kB)

Abstract

MUHAMMAD AKMAL, 1429040024. 2018. Pengembangan Aplikasi Pengenalan Kabupaten dan Kota di Sulawesi Selatan berbasis Android Menggunakan Perangkat Lunak Adobe Flash CC. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar. Pembimbing: Harifuddin dan Al Imran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Aplikasi Pengenalan Kabupaten dan Kota di Sulawesi Selatan berbasis Android yang memungkinkan pengguna mendapatkan informasi berkaitan dengan daerah yang berada di Sulawesi Selatan, dimana penggunaannya tanpa jaringan internet (offline). Kualitas Perangkat lunak yang dihasilkan diukur menggunakan standarisasi ISO 9126 dari aspek Functionality, Reliability, Usability, dan Portability. Aplikasi ini dibangun menggunakan Adobe Flash CC. Pengembangan perangkat lunak ini menggunakan model Incremental. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengujian ISO 9126 diperoleh : a) Pengujian Aspek functionality dilakukan dengan menggunakan masing masing dua validator dari dosen ahli media UNM berdasarkan hasil pengujian tersebut diperoleh persentase keberhasilan 100% dan berada di kategori sangat layak; b) Pengujian Aspek Reliability berdasarkan rekapitulasi hasil perhitungan menggunakan white box pengujian ini terbebas dari kesalahan logika ; c) Pengujian Aspek portability pada beberapa jenis smartphone dengan Sistem Operasi Android yang berbeda dapat berjalan dengan baik tanpa kendala; c) PengujiSan Aspek usability menggunakan angket disebar kepada 30 responden dilingkungan Jurusan Pendidikan Teknik Elektro dan Masyarakat Umum, dari hasil pengujian tersebut diperoleh 25 frekuensi dengan presentase 83 % berada pada kategori Sangat Baik dan 5 frekuensi dengan presentase 17% berada pada kategori Baik. Berdasarkan hasil tersebut Aplikasi Pengenalan Kabupaten dan Kota di Sulawesi Selatan berbasis Android mendapatkan pandangan baik digunakan sebagai media informasi daerah Sulawesi Selatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Adobe Flash CC, Action Script 3.0 , ISO 9126, Kabupaten dan Kota, Android
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 28 Jun 2019 03:32
Last Modified: 28 Jun 2019 03:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13724

Actions (login required)

View Item View Item